• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 25 No.1, Juni 2013
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 25 No.1, Juni 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Relevansi Karya Sastra di Surat Kabar dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama

    Thumbnail
    View/Open
    1.pdf (52.08Kb)
    Date
    2012-12
    Author
    Sufanti, Main
    Fatimah, Nuraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra di surat kabar dengan KD kemampuan bersastra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan (2) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra di surat kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian pada tahun pertama ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan wacana pada karya sastra di surat kabar. Data ini diambil dari sumber data surat kabar Solopos dan Kompas pada bulan Januari-Februari 2011. Teknik pengambilan data dengan teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak semua karya sastra di surat kabar Solopos dan Kompas memiliki relevansi dengan KD di SMP dan tidak semua KD dapat dicapai melalui karya sastra di surat kabar. Hanya ada empat jenis karya apresastra yang dimuat di surat kabar yang relevan dengan KD di SMP yaitu cerita anak, puisi, cerita pendek, dan cerita bergambar. Jika dilihat secara kuantitas, KD yang berkaitan dengan cerita anak, puisi, drama, dan cerita pendek sebesar 64%. Adapun novel, pantun, dan syair yang mencapai 36% dari KD tidak dimuat di dalam surat kabar. (2) Tidak semua karya sastra di surat kabar relevan dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Secara kuantitatif, 49% karya sastra yang dimuat di surat kabar relevan dengan KD SMP sekaligus relevan dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jika ditilik relevansi karya sastra setiap surat kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP adalah dari 54 karya sastra ada 37 atau 69% karya sastra di Solopos yang relevan untuk dijadikan bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat psikologis siswa SMP dan dari 131 karya sastra, ada 40 atau 31% karya sastra di Kompas yang relevan untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat psikologis siswa SMP.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4569
    Collections
    • Volume 25 No.1, Juni 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV