Relevansi Karya Sastra di Surat Kabar dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra
di surat kabar dengan KD kemampuan bersastra pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SMP dan (2) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra di surat
kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan. Penelitian pada tahun pertama ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan wacana pada
karya sastra di surat kabar. Data ini diambil dari sumber data surat kabar Solopos
dan Kompas pada bulan Januari-Februari 2011. Teknik pengambilan data dengan
teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan
komparatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak semua karya sastra di surat kabar
Solopos dan Kompas memiliki relevansi dengan KD di SMP dan tidak semua KD
dapat dicapai melalui karya sastra di surat kabar. Hanya ada empat jenis karya apresastra
yang dimuat di surat kabar yang relevan dengan KD di SMP yaitu cerita
anak, puisi, cerita pendek, dan cerita bergambar. Jika dilihat secara kuantitas, KD
yang berkaitan dengan cerita anak, puisi, drama, dan cerita pendek sebesar 64%.
Adapun novel, pantun, dan syair yang mencapai 36% dari KD tidak dimuat di
dalam surat kabar. (2) Tidak semua karya sastra di surat kabar relevan dengan
tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Secara kuantitatif, 49% karya sastra
yang dimuat di surat kabar relevan dengan KD SMP sekaligus relevan dengan
tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jika ditilik relevansi karya sastra
setiap surat kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP adalah
dari 54 karya sastra ada 37 atau 69% karya sastra di Solopos yang relevan untuk
dijadikan bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat psikologis siswa SMP
dan dari 131 karya sastra, ada 40 atau 31% karya sastra di Kompas yang relevan
untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat
psikologis siswa SMP.