Kecendrungan Mahasiswa Memilih Prodi Tarbiyah dan Minat Menjadi Guru Periode Akademik 2012 - 2013
Abstract
Guru sebagai pekerjaan keahlian yang professional, harus ditempuh
melalui pendidikan formal yang diselenggarakan oleh lembaga penyedia
dan penyiap sumber daya manusia untuk menjadi Guru. Oleh karena
itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
kecenderungan mahasiswa dalam memilih Prodi Tarbiyah dan minat
menjadi guru. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kecendrungan minat menjadi Guru PAI antara mahasiswa dan
mahasiswi Prodi tarbiyah tahun angkatan 2012-2013. Jenis penelitian
ini adalah penelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pekerjaan Guru yang Profesional
formal menunjukkan trend atau kecendrungan yang mayoritas diminati
oleh kaum Wanita, sehingga untuk kecendrungan pilihan antara
mahasiswa dan mahasiswi dalam minat menjadi Guru PAI tahun
angkatan 2012-2013 pilihan terbanyak dan diminati oleh kaum wanita,
dibanding kaum pria. Menurut data yang didapat dibagian administrasi
akademik (BAA-UMS) kecendrungan peminat untuk masuk menjadi
mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) lebih banyak
didomonasi perempuan dan trend ini berlangsung dari tahun dari tahun
2012 sampai 2013. Tahun akademik 2012/2013 berjumlah 99
mahasiswa dengan rincian mahasiswa 47 mahasiswa dan 52 mahasiswi.
Tahun akademik 2013/2014 berjumlah 170 dengan rincian 81 mahasiswa
dan 89 mahasiswi. Hasil penelitiannya adalah bahwa prodi tarbiyah
kecendrungannya banyak dipilih oleh mahasiswa putri walaupun
selisihnya tidak begitu tinggi dengan mahasiswa (putra), dan ingin
menjadi guru banyak diminati oleh mahasiswa putri.