Show simple item record

dc.contributor.authorAbidin, Zaenal
dc.date.accessioned2014-07-16T07:54:50Z
dc.date.available2014-07-16T07:54:50Z
dc.date.issued2014-05
dc.identifier.citationAbadi, dkk. 2011. Motivasi Mahasiswa Memilih Program Study PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (Study Kasus Mahasiswa Angkatan 2011/2012). Jurnal online um.ac.id. Universitas Negeri Malang Indonesia Ardi, muhammad & Aryani, linda. 2010. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Dengan Minat Berorganisasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Suska. Jurnal psikologi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Arfiani, Edwin. 2008. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Memilih Jurusan Adminitrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dimyati dan Mudjiono. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Hermawan, Hery. 2010. Pengaruh Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Studi. Research Study. Universitas Merdeka madiun Hutagaol, Yudicium Martua Raja. 2009. Minat dan Motivasi Siswa Memilih Sekolah menengah Kejuruan Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara Moloeng, Lessxy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Posdakarya Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: PT. Prasetia Widya Pratama. Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Posdakarya Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Suprapto, Amin. 2007. Minat masuk perguruan tinggi siswa kelas III program keahlian teknik instalasi listrik pada SMK di Purworejo. Skripsi. FT UNS Soemanto, Wasty, 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D. Bandung: Alfabeta Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (dalam Perspektif Islam). Jakarta: Prenada Media. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013/1014. Buku Panduan Akademik 2013/2014 Fakultas Agama Islam. Wahyudi, Eko Nur. 2013. Teknik Klasifikasi untuk Melihat Kecenderungan Calon Mahasiswa Baru dalam Memilih Jenjang Pendidikan Program Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 18, No.1, Januari 2013 : 55-64.en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4571
dc.description.abstractGuru sebagai pekerjaan keahlian yang professional, harus ditempuh melalui pendidikan formal yang diselenggarakan oleh lembaga penyedia dan penyiap sumber daya manusia untuk menjadi Guru. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kecenderungan mahasiswa dalam memilih Prodi Tarbiyah dan minat menjadi guru. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecendrungan minat menjadi Guru PAI antara mahasiswa dan mahasiswi Prodi tarbiyah tahun angkatan 2012-2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pekerjaan Guru yang Profesional formal menunjukkan trend atau kecendrungan yang mayoritas diminati oleh kaum Wanita, sehingga untuk kecendrungan pilihan antara mahasiswa dan mahasiswi dalam minat menjadi Guru PAI tahun angkatan 2012-2013 pilihan terbanyak dan diminati oleh kaum wanita, dibanding kaum pria. Menurut data yang didapat dibagian administrasi akademik (BAA-UMS) kecendrungan peminat untuk masuk menjadi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) lebih banyak didomonasi perempuan dan trend ini berlangsung dari tahun dari tahun 2012 sampai 2013. Tahun akademik 2012/2013 berjumlah 99 mahasiswa dengan rincian mahasiswa 47 mahasiswa dan 52 mahasiswi. Tahun akademik 2013/2014 berjumlah 170 dengan rincian 81 mahasiswa dan 89 mahasiswi. Hasil penelitiannya adalah bahwa prodi tarbiyah kecendrungannya banyak dipilih oleh mahasiswa putri walaupun selisihnya tidak begitu tinggi dengan mahasiswa (putra), dan ingin menjadi guru banyak diminati oleh mahasiswa putri.en_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectguru profesionalen_US
dc.subjectminaten_US
dc.subjectkecenderunganen_US
dc.titleKecendrungan Mahasiswa Memilih Prodi Tarbiyah dan Minat Menjadi Guru Periode Akademik 2012 - 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record