dc.identifier.citation | Abadi, dkk. 2011. Motivasi Mahasiswa Memilih Program Study PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (Study Kasus Mahasiswa Angkatan 2011/2012). Jurnal online um.ac.id. Universitas Negeri Malang Indonesia Ardi, muhammad & Aryani, linda. 2010. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Dengan Minat Berorganisasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Suska. Jurnal psikologi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Arfiani, Edwin. 2008. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Memilih Jurusan Adminitrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dimyati dan Mudjiono. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Hermawan, Hery. 2010. Pengaruh Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Studi. Research Study. Universitas Merdeka madiun Hutagaol, Yudicium Martua Raja. 2009. Minat dan Motivasi Siswa Memilih Sekolah menengah Kejuruan Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara Moloeng, Lessxy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Posdakarya Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: PT. Prasetia Widya Pratama. Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Posdakarya Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Suprapto, Amin. 2007. Minat masuk perguruan tinggi siswa kelas III program keahlian teknik instalasi listrik pada SMK di Purworejo. Skripsi. FT UNS Soemanto, Wasty, 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D. Bandung: Alfabeta Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (dalam Perspektif Islam). Jakarta: Prenada Media. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013/1014. Buku Panduan Akademik 2013/2014 Fakultas Agama Islam. Wahyudi, Eko Nur. 2013. Teknik Klasifikasi untuk Melihat Kecenderungan Calon Mahasiswa Baru dalam Memilih Jenjang Pendidikan Program Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 18, No.1, Januari 2013 : 55-64. | en_US |
dc.description.abstract | Guru sebagai pekerjaan keahlian yang professional, harus ditempuh
melalui pendidikan formal yang diselenggarakan oleh lembaga penyedia
dan penyiap sumber daya manusia untuk menjadi Guru. Oleh karena
itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
kecenderungan mahasiswa dalam memilih Prodi Tarbiyah dan minat
menjadi guru. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kecendrungan minat menjadi Guru PAI antara mahasiswa dan
mahasiswi Prodi tarbiyah tahun angkatan 2012-2013. Jenis penelitian
ini adalah penelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pekerjaan Guru yang Profesional
formal menunjukkan trend atau kecendrungan yang mayoritas diminati
oleh kaum Wanita, sehingga untuk kecendrungan pilihan antara
mahasiswa dan mahasiswi dalam minat menjadi Guru PAI tahun
angkatan 2012-2013 pilihan terbanyak dan diminati oleh kaum wanita,
dibanding kaum pria. Menurut data yang didapat dibagian administrasi
akademik (BAA-UMS) kecendrungan peminat untuk masuk menjadi
mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) lebih banyak
didomonasi perempuan dan trend ini berlangsung dari tahun dari tahun
2012 sampai 2013. Tahun akademik 2012/2013 berjumlah 99
mahasiswa dengan rincian mahasiswa 47 mahasiswa dan 52 mahasiswi.
Tahun akademik 2013/2014 berjumlah 170 dengan rincian 81 mahasiswa
dan 89 mahasiswi. Hasil penelitiannya adalah bahwa prodi tarbiyah
kecendrungannya banyak dipilih oleh mahasiswa putri walaupun
selisihnya tidak begitu tinggi dengan mahasiswa (putra), dan ingin
menjadi guru banyak diminati oleh mahasiswa putri. | en_US |