Analisa Defect Tire dari Claim Customer Original Equipment Manufacturing (OEM) Pada PT. Gajah Tunggal Tbk.
View/ Open
Date
2014-03Author
Hidayat, Atep Afia
Kholil, Muhammad
Windhiarto, Dedhy
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebuah produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan akan dapat diterima oleh pasar apabila produk
yang dihasilkan berkualitas. Oleh karena itu, PT. Gajah Tunggal Tbk. harus dapat menyakinkan pasar bahwa
produk yang dihasilkan mempunyai kualitas terbaik sehingga dapat mengungguli para pesaingnya.
PT. Gajah Tunggal Tbk. salah satu perusahan produk komponen otomotif yaitu tire dan tube yang
merupakan bagian-bagian dari kendaraan bermotor. Dan salah satu cara agar produk yag dihasilkan dapat diterima
dan dikenal dipasar melalui pengiriman tire ke perakitan mobil yang ada di Indonesia atau yang lebih dikenal
dengan customer Original Equipment Manufacturing (OEM).
Salah satu faktor utama dari pencapaian kualitas terbaik dari suatu produk yang dihasilkan oleh PT. Gajah
Tunggal Tbk. adalah dengan meminimalkan claim dari customer OEM. Hal ini dapat menyebabkan produk dengan
kualitas yang jelek terbuang ke pasar yang mengakibatkan brand image yang jelek pula kepada produk yang
dihasilkan. Berdasarkan pengolahan data claim OEM selama tahun 2007 dari bulan Januari sampai dengan
Desember ada empat besar defect yang dominan yaitu Open base valve MC Tube menempati posisi teratas dengan
total quantity sebanyak 642 pcs tire atau 24.95 % selanjutnya, yaitu : Tread separation MC Tire (18.34 %), Open
splice MC Tube (14.77%) dan Bead Burst Accepted AM Tire (10.38%).
Diharapkan dengan adanya analisa ini, produk yang dihasilkan berkualitas nantinya dapat memenuhi
permintaan pasar. Bila hal tersebut dapat dipenuhi, otomatis kepuasan pelanggan yang selama ini menjadi target
perusahaan dapat terealisasi dengan baik.