Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Atep Afia
dc.contributor.authorKholil, Muhammad
dc.contributor.authorWindhiarto, Dedhy
dc.date.accessioned2014-08-07T03:03:24Z
dc.date.available2014-08-07T03:03:24Z
dc.date.issued2014-03
dc.identifier.citationA.P.B.I., Buku Pedoman Pemeriksaan Ban – Ban Pengaduan. Jakarta : Plaza Gani Djemat, 2000. Ariani, Dorothea Wahyu, Manajemen Kualitas. Jakarta : Universitas Atmajaya, 1999. Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Universitas Indonesia, 1993 DaimlerChrysler Corpororation, Ford Motor Company, General Motors Company, Manual Reference Potensial Failure Mode and Effect Analysis. 3 rd ed., New York : AIAG, 2001. Juran, J. M., Quality, Planning and Analysis. New York : Mc Graw Hill Book Company, Inc., 1981. Wignjosoebroto, Sritomo, Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Edisi Pertama, Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2002en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4622
dc.description.abstractSebuah produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan akan dapat diterima oleh pasar apabila produk yang dihasilkan berkualitas. Oleh karena itu, PT. Gajah Tunggal Tbk. harus dapat menyakinkan pasar bahwa produk yang dihasilkan mempunyai kualitas terbaik sehingga dapat mengungguli para pesaingnya. PT. Gajah Tunggal Tbk. salah satu perusahan produk komponen otomotif yaitu tire dan tube yang merupakan bagian-bagian dari kendaraan bermotor. Dan salah satu cara agar produk yag dihasilkan dapat diterima dan dikenal dipasar melalui pengiriman tire ke perakitan mobil yang ada di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan customer Original Equipment Manufacturing (OEM). Salah satu faktor utama dari pencapaian kualitas terbaik dari suatu produk yang dihasilkan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk. adalah dengan meminimalkan claim dari customer OEM. Hal ini dapat menyebabkan produk dengan kualitas yang jelek terbuang ke pasar yang mengakibatkan brand image yang jelek pula kepada produk yang dihasilkan. Berdasarkan pengolahan data claim OEM selama tahun 2007 dari bulan Januari sampai dengan Desember ada empat besar defect yang dominan yaitu Open base valve MC Tube menempati posisi teratas dengan total quantity sebanyak 642 pcs tire atau 24.95 % selanjutnya, yaitu : Tread separation MC Tire (18.34 %), Open splice MC Tube (14.77%) dan Bead Burst Accepted AM Tire (10.38%). Diharapkan dengan adanya analisa ini, produk yang dihasilkan berkualitas nantinya dapat memenuhi permintaan pasar. Bila hal tersebut dapat dipenuhi, otomatis kepuasan pelanggan yang selama ini menjadi target perusahaan dapat terealisasi dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectPFMEAen_US
dc.subjectClaimen_US
dc.subjectOriginal Manufacturing Equipment (OEM)en_US
dc.titleAnalisa Defect Tire dari Claim Customer Original Equipment Manufacturing (OEM) Pada PT. Gajah Tunggal Tbk.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record