Usulan Peningkatan Pelayanan Puskesmas Menggunakan Konsep Lean Sigma Services
View/ Open
Date
2014-03Author
Ekawati, Ratna
Ridwan, Asep
Antonio, Gani
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan masyarakat pada fasilitas kesehatan di Indonesia masih sangat rendah, berdasarkan
hasil penelitian badan kesehatan dunia WHO, begitupun yang terjadi di kota Cilegon,. UPTD
Puskesmas Cilegon yang terletak di Kecamatan Cilegon, melayani kesehatan masyarakat di 5 desa,
dengan jumlah RT sebanyak 97 RT. Penelitian ini bertujuan merancang Lean Sigma Service dalam
pelayanan di UPTD Puskesmas Cilegon. Penelitian diawali dengan mencari tingkat kepuasan
pelanggan dengan menggunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), lalu dilanjutkan
dengan menggunakan konsep lean yang merampingkan segala pemborosan yang ada, lalu
dilanjutkan dengan konsep six-sigma yang mencari nilai kapabilitas dari proses yang berlangsung,
dilanjutkan dengan merancang usulan perbaikan berdasarkan hasil yang didapat dari metode
diatas. Hasil pengolahan IKM menunjukkan dari setiap unit kesehatan, unsur kecepatan pelayanan
menjadi elemen ketidakpuasan paling tinggi. Sebelum perbaikan setiap unit kesehatan memiliki
tingkat efisiensi yag rendah yaitu balai pengobatan umum (53.125%), balai pengobatan gigi
(56.42%), balai kesehatan ibu dan anak (56.06%), dan balai kesehatan balita (42%). Tingkat
efisiensi yang rendah disebabkan banyaknya pemborosan yang terjadi pada setiap aliran proses.
Setelah melakukan perbaikan terjadi peningkatan pada efisiensi proses yaitu balai pengobatan
umum (70.1%), balai pengobatan gigi (71.55%), balai kesehatan ibu dan anak (73.50%), dan balai
kesehatan balita (67.37%). Dengan Lean Sigma Service, kinerja UPTD Puskesmas Cilegon dapat
ditingkatkan melalui peningkatan efisiensi proses pelayanan.