• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Usulan Peningkatan Pelayanan Puskesmas Menggunakan Konsep Lean Sigma Services

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-027.pdf (354.6Kb)
    Date
    2014-03
    Author
    Ekawati, Ratna
    Ridwan, Asep
    Antonio, Gani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan masyarakat pada fasilitas kesehatan di Indonesia masih sangat rendah, berdasarkan hasil penelitian badan kesehatan dunia WHO, begitupun yang terjadi di kota Cilegon,. UPTD Puskesmas Cilegon yang terletak di Kecamatan Cilegon, melayani kesehatan masyarakat di 5 desa, dengan jumlah RT sebanyak 97 RT. Penelitian ini bertujuan merancang Lean Sigma Service dalam pelayanan di UPTD Puskesmas Cilegon. Penelitian diawali dengan mencari tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), lalu dilanjutkan dengan menggunakan konsep lean yang merampingkan segala pemborosan yang ada, lalu dilanjutkan dengan konsep six-sigma yang mencari nilai kapabilitas dari proses yang berlangsung, dilanjutkan dengan merancang usulan perbaikan berdasarkan hasil yang didapat dari metode diatas. Hasil pengolahan IKM menunjukkan dari setiap unit kesehatan, unsur kecepatan pelayanan menjadi elemen ketidakpuasan paling tinggi. Sebelum perbaikan setiap unit kesehatan memiliki tingkat efisiensi yag rendah yaitu balai pengobatan umum (53.125%), balai pengobatan gigi (56.42%), balai kesehatan ibu dan anak (56.06%), dan balai kesehatan balita (42%). Tingkat efisiensi yang rendah disebabkan banyaknya pemborosan yang terjadi pada setiap aliran proses. Setelah melakukan perbaikan terjadi peningkatan pada efisiensi proses yaitu balai pengobatan umum (70.1%), balai pengobatan gigi (71.55%), balai kesehatan ibu dan anak (73.50%), dan balai kesehatan balita (67.37%). Dengan Lean Sigma Service, kinerja UPTD Puskesmas Cilegon dapat ditingkatkan melalui peningkatan efisiensi proses pelayanan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4627
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV