Integrasi Balanced Scorecard dan Process Based Framework untuk Rekayasa Ulang Proses Bisnis
Abstract
CV. Fateha Compunet merupakan perusahaan bisnis yang bergerak di bidang perdagangan
komputer dan mesin kantor. Perkembangan bisnis CV. Fateha Compunet tidak ditunjang
dengan penataan proses bisnis yang baik sehingga menimbulkan banyak keluhan dari
pelanggan dan dari internal karyawan. Keluhan dari pelanggan misalnya proses bisnis yang
lambat, sedangkan keluhan dari karyawan antara lain tidak adanya job description
(deskripsi kerja) dan standart operating procedure (SOP) yang jelas mengakibatkan
terjadinya banyak kesalahan yang dilakukan karyawan.
Keluhan-keluhan di atas mengindikasikan adanya permasalahan dalam proses bisnis
perusahaan. Oleh karena itu sangat perlu diadakan rekayasa ulang proses bisnis di CV.
Fateha Compunet. Rekayasa ulang proses bisnis ini dilakukan untuk merancang kembali
proses bisnis perusahaan agar bisa memperbaiki kondisi perusahaan. Salah satu
penyelesaian untuk dapat memperbaiki kinerja adalah merancang ulang proses bisnis
dengan cara mengintegrasikan balanced scorecard dan process based framework.
Hasil dari rekayasa ulang proses bisnis adalah penyusunan visi, misi, dan value
perusahaan, penyusunan balanced scorecard, pembakuan proses bisnis (perbaikan
komputer, penanganan garansi, pengantaran barang, dan pembayaran), perancangan job
description dan standart operating procedure (SOP), serta perancangan, pembuatan, dan
pengaplikasian sistem informasi penjualan.