Show simple item record

dc.contributor.authorHARISUPRIYANTO, H
dc.date.accessioned2014-08-07T08:20:41Z
dc.date.available2014-08-07T08:20:41Z
dc.date.issued2014-03
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4664
dc.description.abstractalah satu sport industry yang berkembang adalah olah raga khususnya dalam bidang bola basket. Olah raga ini berkembang cukup pesat semenjak liga pro dipegang oleh Development Basketball League (DBL). Tempat perhelatan turnamen bola basket berada dalam gedung olah raga (GOR). Indikator utama dalam GOR adalah perubahan (bertambah atau berkurangnya) jumlah penonton yang datang ke Gelanggang Olah Raga (GOR). Beberapa problem diantara layanan dari GOR yang belum memuaskan kepentingan konsumen, terutama adalah ketepatan jadual dan fasilitas penunjangnya. Tujuan utama penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mencari sebab timbulnya ketidak puasan konsumen, dan mencari solusi alternatifnya. Guna memenuhi kepuasan konsumen dibutuhkan pendekatan quality improvement. Untuk itu integrasi antara Service blueprint dan quality function deployment (QFD) dipakai untuk mengidentifikasi kualitas layanan. Selanjutnya dicari akar permasalahan dengan root cause analisys (RCA). Dari penelusuran RCA diperoleh akar penyebab masalah. Diantaranya adalah kesulitan mencari jadwal kosong pada proses peminjaman GOR bahkan terdapat kecenderungan jadwal yang betumpuk; artinya konsumen harus menunggu konfirmasi jadwal, sehingga konsumen kehilangan waktu hanya untuk menunggu konfirmasi peminjaman. Dengan pendekatan failure mode and effects analisys (FMEA) akan dihasilkan risk priority number (RPN) dan selanjutnya dipilih resiko terbesar sebagai patokan me-generate alternatif solusi. Kebijakan pemilihan alternatif perbaikan yang sesuai adalah dikeluarkannya upah harian untuk pekerja, membangun standart operating procedure (SOP) dan pengadaan fasilitas LCD touchscreen.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectSport Industryen_US
dc.subjectService blueprinten_US
dc.subjectQFDen_US
dc.subjectRCAen_US
dc.subjectFMEAen_US
dc.titlePeningkatan Kualitas Layanan Sport Industry untuk Memaksimumkan Daya Guna Lapanganen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record