• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perkembangan Desain Produk Berbasis Budaya di Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-005.pdf (406.0Kb)
    Date
    2014-03
    Author
    Setyaningrum, Ratih
    Ahimsa-Putra, Heddy Shri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia kaya akan nilai-nilai kebudayaan dan memiliki beragam suku bangsa. Oleh sebab itu, Indonesia merupakan pangsa pasar produk budaya yang cukup potensial. Produk berorientasi budaya Indonesia juga turut meramaikan pemasaran bidang transportasi dan home appliances. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis desain produk berorientasi budaya di Indonesia dari aspek nilai kebudayaan dan aspek pemasaran. Tahapan identifikasi dengan cara pengamatan perilaku, wawancara dan survei lapangan. Tahap berikutnya, melakukan penilaian indikator kebudayaan yang terkandung dalam sebuah produk kemudian melakukan klasifikasi produk budaya. Indikator-indikator kebudayaan yaitu organisasi sosial, religi/keagamaan dan mata pencaharian. Hasil yang diperoleh antara lain, produk budaya yang sukses mendominasi pasar di Indonesia adalah produk Multiple Purpose Vehicle (MPV), Viar dan bentor. Produk MPV jenis Toyota Avansa telah mencapai penjualan 124.610 unit di bulan April 2013. Disamping itu, motor bak terbuka beroda tiga merek Viar mampu meningkatkan penjualan di Jateng sebesar 30%. Produk bentor juga telah menjadi simbol jatidiri bagi masyarakat Gorontalo. Produk bentor mampu mengalami kenaikan penjualan sebesar 30%.Produk tersebut diatas merupakan alat transportasi yang dirancang berlatarbelakang nilai budaya organisasi sosial dan mata pencaharian penduduk Indonesia.Disamping itu, terdapat produk toilet yang dirancang dengan latarbelakang agama mayoritas penduduk Indonesia. Toilet dilengkapi pancuran air dan tedeng telah menjawab kebutuhan umat muslim tentang suci dari najis saat kencing. Dengan demikian, produk-produk budaya telah sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia sehingga diminati dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4700
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV