dc.identifier.citation | Ahimsa-Putra, 2013. Budaya bangsa, jatidiri dan integrasi nasional : sebuah teori. Kemendikbud. Bisnis manajemen, 2013. Omset jual beli bentor raup 30-40 juta per bulan. Tanggal akses 26 Februari 2013. Clark,2009. Back to the future, or forward?Hongkong design, image and branding.Design Issues.Vol.25,No.3.Massachusett Intitute of Technology Cross & Smits,2005 Japan, the US and the globalization of children customer culture.Journal of Social History. Pennsilvania University Detik oto, 2012. Penjualan harley davison di Indonesia naik 30%. Tanggal akses 16 Sepember 2012. Harris,Marvin,1999,TheoriesofCultureinPostmodernTimes.NewYork:AltamiraPress. Greertz,Hildred. Aneka Budaya dan Komunitas di Indonesia. Marcus,2001. Cross-cultural user-interface design.Prosiding Vol 2. Human Computer Interface Internet (HCII).New Orlean,LA,USA. Moalosi,2007. Culture-oriented product design. IADSR. Lin et al. Designing culture into modern product : a case study of cultural product design. Koentjaraningrat,1974,PengantarAntropologi.Jakarta:AksaraBaru. Ratna,NyomanKutha,2005,SastradanCulturalStudies:RepresentasiFiksidanFakta. Yogyakarta:PustakaPelajar. Procton et al, 2011. Understanding & Improving cross-cultural decision making in design and use of digital.Media : research agenda.Journal of Human-Computer Interaction 27(2),151190. Tibun timur, 2013. Gorontalo pemasok bentor Sulsel. Tanggal akses 3 Januari 2013. www.otomotif.new.viva.co.id. Daftar mobil MPV terlaris sepanjang Maret 2013. Tanggal akses 12 April 2013. www.bisnisjateng.com. Penjualan Viar di Jateng naik 30%.Tanggal akses 10 Juni 2013. | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia kaya akan nilai-nilai kebudayaan dan memiliki beragam suku bangsa. Oleh sebab itu,
Indonesia merupakan pangsa pasar produk budaya yang cukup potensial. Produk berorientasi
budaya Indonesia juga turut meramaikan pemasaran bidang transportasi dan home appliances.
Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis desain
produk berorientasi budaya di Indonesia dari aspek nilai kebudayaan dan aspek pemasaran.
Tahapan identifikasi dengan cara pengamatan perilaku, wawancara dan survei lapangan. Tahap
berikutnya, melakukan penilaian indikator kebudayaan yang terkandung dalam sebuah produk
kemudian melakukan klasifikasi produk budaya. Indikator-indikator kebudayaan yaitu organisasi
sosial, religi/keagamaan dan mata pencaharian. Hasil yang diperoleh antara lain, produk budaya
yang sukses mendominasi pasar di Indonesia adalah produk Multiple Purpose Vehicle (MPV), Viar
dan bentor. Produk MPV jenis Toyota Avansa telah mencapai penjualan 124.610 unit di bulan
April 2013. Disamping itu, motor bak terbuka beroda tiga merek Viar mampu meningkatkan
penjualan di Jateng sebesar 30%. Produk bentor juga telah menjadi simbol jatidiri bagi
masyarakat Gorontalo. Produk bentor mampu mengalami kenaikan penjualan sebesar 30%.Produk
tersebut diatas merupakan alat transportasi yang dirancang berlatarbelakang nilai budaya
organisasi sosial dan mata pencaharian penduduk Indonesia.Disamping itu, terdapat produk toilet
yang dirancang dengan latarbelakang agama mayoritas penduduk Indonesia. Toilet dilengkapi
pancuran air dan tedeng telah menjawab kebutuhan umat muslim tentang suci dari najis saat
kencing. Dengan demikian, produk-produk budaya telah sesuai dengan karakter masyarakat
Indonesia sehingga diminati dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar. | en_US |