Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabitabilitas pada Perusahaan Food And Beverages Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2007-2010
Date
2014-06Author
Mukharomah, Wafiatun
Kesumaningrum, Linda Prasasti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengungkapan tanggung jawab kinerja lingkungan, sosial, dan
ekonomi di dalam laporan tahunan adalah untuk mencerminkan tingkat
akuntabilitas, responsibilitas, dan transparansi korporat kepada investor dan
stakeholders lainnya. Pengungkapan tersebut bertujuan untuk menjalin
hubungan komunikasi yang baik dan efektif antara perusahaan dengan publik
dan stakeholders lainnya tentang bagaimana perusahaan telah
mengintegrasikan corporate social responsibilty (CSR); terhadap lingkungan
dan sosial dalam setiap aspek kegiatan operasinya. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab social perusahaan terhadap
profitabilitas pada perusahaan Food and Beverages di Indonesia yang
terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2010.
Populasi yang akan di teliti dalam penelitian ini adalah seluruh
perusahaan Food and Beverages selama empat periode waktu yaitu 20072010
di
BEI, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling,
jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 10 perusahaan. Metode
analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien
determinasi dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, hasil penelitian ini
dapat disimpulkan sebagai berikut: CSR berpengaruh positif dan signifikan
terhadap NPM, CSR berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap
ROA, dan CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROE.