Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Merek pada Produk Smartphone (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang Melakukan Perpindahan Merek dari Blackberry ke non Blackberry)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk, iklan dan variety
seeking terhadap brand switching. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah dengan purposive sampling dan convenience sampling. Metode analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas dan uji analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F,
dan koefisien determinasi (R
2
). Dalam penelitian ini data memenuhi untuk berdistribusi normal.
Dari uji hipotesis didapatkan hasil bahwa kualitas produk dan variety seeking memiliki pengaruh
yang signifikan dengan t hitung masing-masing sebesar 6,869 dan 3,846 sedangkan variabel iklan
idak memiliki pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar -0,970. Pada uji
F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas produk, iklan dan variety seeking
berpengaruh signifikan terhadap brand switching. Hasil koefisien determinasi (R
) sebesar 59,9 %
2