• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Profetika
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Profetika
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    نحو مقومات شخصية المعلم المفضلة (فى ضوء دراسة الآية: ١٥١ من سورة البقرة)

    Thumbnail
    View/Open
    1.pdf (279.2Kb)
    Date
    2014-06
    Author
    حسن, محمد عبد الخالق
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Allah merunkan Al-Qur`an untuk umat Islam agar dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman hidup dalam seluruh kehidupannya. Tidak terkecuali dalam pendidikan. Karena pendidikan merupakan pokok dasar dalam mencerdaskan dan membangun sebuah bangsa. Jika sebuah pendidikan itu baik, maka sebuah bangsa juga akan baik. Dan diantara unsur utama keberhasilan pendidikan adalah tersedianya pengajar yang memiliki kepribadian idial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur utama yang harus menjadi kepribadian seorang pengajar dengan mengkaji ayat 151 surat al-Baqarah. Jenis penelitin ini merupakan penelitian perpustakaan, deskriptif analisis. Analisa dilakukan terhadap pendapat dan penafsiran ahli tafsir berkaitan ayat 151 surat al-Baqarah. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kepribadian pengajar yang harus dimiliki sebagaimana diisyaratkan dalam ayat 151 surat al-Baqarah adalah sebagai berikut: (1) seorang pengajar harus memiliki becaan yang luas, baik berupa bacaan Al-Qur`an atau keilmuan yang berkaitan dengan disiplin keilmuannya; (2) seorang pengajar harus mengajarkan Al-Qur`an sesuai dengan pemahaman para salafus-shaleh. Termasuk dalam mengajarkan Al-Qur`an adalah mengajarkan tulis-menulis dengan makna yang seluasluasnya, karena itu seorang pengajar harus mampu meningkan kemampuan dalam menulis ilmiah sesuai kopetensinya; (3) mengajarkan hikmah, yaitu kemampuaan untuk melakukan tindakaan secara tepat sesuai dengan kondisi dan tujuan; (4) melakukan penyucian diri/jiwa secara menyeluruh, karena selama jiwa seorang pengajar itu baik, maka seluruh kejiwaan para peserta didik juga baik; (5) pengajar harus selalu menambah dengan berbagai keilmuan yang terkini.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4776
    Collections
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV