Volume 15 No. 1, Juni 2014
Browse by
Recent Submissions
-
نحو مقومات شخصية المعلم المفضلة (فى ضوء دراسة الآية: ١٥١ من سورة البقرة)
(LPPM UMS, 2014-06)Allah merunkan Al-Qur`an untuk umat Islam agar dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman hidup dalam seluruh kehidupannya. Tidak terkecuali dalam pendidikan. Karena pendidikan merupakan pokok dasar dalam mencerdaskan dan ... -
إجماعات الشوكاني في نيل الأوطار جمعًا ودراسة
(LPPM UMS, 2014-06)Sesungguhnya penukilan ijma (konsensus ulama) sangat membutuhkan studi dan penelitian akan validitasnya. Sebab Ijma seringkali menyelesaikan banyak ikhtilaf. Dan karena dilalah (penunjukannya) yang lebih kuat dan jelas ... -
Pandangan Murid Terhadap Guru: 60 Tahun Prof. Dr. M. Amin Abdullah
(LPPM UMS, 2014-06)Makalah ini membahas tentang pemikiran M. Amin Abdullah (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dalam bidang Islamic Studies. Metode penulisan yang digunakan dalam makalah ini adalah metode biografis-reflektif karena ... -
Model Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia
(LPPM UMS, 2014-06)Kehadiran gerakan Islam transnasional, Hizbut Tahrir, ke Indonesia menambah jumlah gerakan Islam yang melakukan dakwah amar makruf nahi munkar. Masing-masing organisasi memiliki stratgei dan model dakwah yang ... -
Peran Pendidikan Dasar Islam Di Surakarta Dalam Membangun Peradaban Umat: Perspektif Masyarakat Madani
(LPPM UMS, 2014-06)Dalam dekade terakhir, tumbuh banyak sekolah dasar Islam terpadu di Surakarta, yang didukung oleh organisasi masyarakat sipil. Melalui penelitian etnografi, ditemukan bahwa telah terjadi transformasi institusi dan ... -
Hubungan Sains Dan Agama: Refleksi Filosofis Atas Pemikiran Ian G. Barbour
(LPPM UMS, 2014-06)Makalah ini membahas mengenai pemikiran Ian G. Barbour tentang hubungan antara sains dan agama dari perspektif filsafat ilmu dan bagaimana relevansinya dengan perkembangan pemikiran Kristen dan Islam kontemporer. Pembahasan ... -
Format Baru Hubungan Sains Modern Dan Islam (Studi Integrasi Keilmuan Atas Uin Yogyakarta Dan Tiga Uinversitas Islam Swasta Sebagai Upaya Membangun Sains Islam Seutuhnya Tahun 2007-2013)
(LPPM UMS, 2014-06)Makalah ini membahas konsep integrasi keilmuan di empat perguruan tinggi Islam, yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ... -
Konsep Integrasi Ilmu Ghoyah dan Ilmu Wasilah Dalam Kurikulum Pendidikan di Sekolah (Studi Kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap Tahun 2012-2013)
(LPPM UMS, 2014-06)Studi dalam penelitian ini adalah mengenai konsep integrasi ilmu ghoyah (tujuan) dan ilmu wasilah (sarana) dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ...