Show simple item record

dc.contributor.authorWijianto, Agus
dc.contributor.authorZaira, Jupri Yanda
dc.contributor.authorJaenudin, Jajang
dc.date.accessioned2014-12-04T02:29:45Z
dc.date.available2014-12-04T02:29:45Z
dc.date.issued2014-11-25
dc.identifier.citation[1] N. Saravanan , G. Nagarajan, S. Narayanasamy, An experimental investigation on DI diesel engine with hydrogen fuel, International Journal Renewable Energy 2008, V 33, pp: 415–421 [2] Tarkan Sandalcı , Yasin Karagoz, Experimental investigation of the combustion characteristics, emissions and performance of hydrogen port fuel injection in a diesel engine, international journal of hydrogen energy 2014, V xxx, pp : 1-10 [3] Jajang Jaenudin, Agus Wijianto, abec , 2014 pp : [4] Boonthum Wongchai, Porranat Visuwan and Sathaporn Chuepeng, The Vibration Analysis Of Diesel Engine with Hydrogen-Diesel Dual Fuel, American Journal of Applied Sciences, 2013, 10 Vol (1), pp : 8-14 [5] T. Korakianitis, A.M. Namasivayam & R.J. Crookes, Hydrogen dual-fuelling of compression ignition engines with emulsified biodiesel as pilot fuel, international journal of hydrogen energy (2010) Vol 35 , pp : 13329-13344en_US
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5012
dc.description.abstractPemanfaatan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif dewasa ini semakin mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dan industri otomotif mengingat sifat ketersediaannya dialam yang melimpah tanpa batas dan hasil pembakarannya tidak menimbulkan polusi. Pemanfaatan hidrogen sebagai suplemen bahan bakar pada mesin compressed igniton dual fuel telah berhasil dilakukan di multi purpose workshop Politeknik Caltex Riau. Penelitian menunjukkan bahwa hidrogen mampu digunakan sebagai suplemen bahan bakar pada mesin diesel pada berbagai variasi pembebanan dan variasi bukaan udara masuk . Penggunaan hidrogen ini menyebabkan kenaikan temperatur pada silinder block, kenaikan temperatur gas buang, kenaikan temperatur cairan pendingin dan kenaikan temperatur pelumas mesin. Terdapat kecenderungan kenaikan temperatur yang menunjukkan bahwa semakin banyak hidrogen pada campuran udara-hidrogen yang masuk ke ruang bakar menyebabkan kenaikan temperatur yang semakin tinggi pada engine. Kenaikan temperatur gas buang tertinggi didapat pada ¼ bukaan udara masuk dengan kenaikan maksimal 39oC pada beban puncak 1450 watt, adapun pada bukaan full terdapat kenaikan temperatur 70C pada beban 1155 watt. Kenaikan temperatur pada blok silinder pada beban puncak sebesar 5 oC s/d 16 oC, sedangkan kenaikan temperatur pelumasan antara 5 oCs/d 13 oC dan pada cairan pendingin terjadi kenaikan temperatur sebesar 5 oC s/d 17 oC.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectdual fuelen_US
dc.subjectengine CIen_US
dc.subjecthidrogenen_US
dc.subjectbahan bakaren_US
dc.subjecttemperaturen_US
dc.titlePengaruh Pemanfaatan Hidrogen Terhadap Kenaikan Temperatur Engine pada Sistim Bahan Bakar Dual Fuel Mesin Compressed Ignitionen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record