Implementasi Pendidikan Karakter di SD Islamal-Azhar Solo Baru
Abstract
Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif untuk mengungkap
implementasi pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru.
Berdasarkan data yang diperoleh, didapat hasil bahwa implementasi
pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru adalah terdiri dari lima
hal, pertama, dalam bidang ibadah, pelaksanaanya dilakukan dengan
pantauan koordinator keagamaan. Apabila dalam pelaksanaan ibadah
shalat dan dzikir anak didik melakukan dengan bermain-main dan
kurang benar, maka mereka diminta untuk mengulang. Kedua,
kedisiplinan, dalam pelaksanaan untuk membangun kedisiplinan,
semua elemen bekerjasama untuk hidup disiplin. Ketiga, kebersihan
dan keindahan, melalui: pelaksanaan kebersihan di kelas masingmasing,
yakni dengan menjadwal petugas piket, agar anak didik
terarah untuk menjaga kebersihan. Keempat, prilaku sosial, dalam
pelaksanannya pukul 06.30 WIb guru sudah datang di sekolahan,
kemudian menyambut siswa dengan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan,
dan santun). Keenam, makan dan minum, pelaksanaannya dilakukan
bersama-sama, baik makanan yang diperoleh lewat katering, bawa
dari rumah, ataupun membeli di kantin, ketika makan dilakukan
bersama-sama, diawali dengan do’a bersama.