dc.contributor.author | Zuhri, Saifuddin | |
dc.date.accessioned | 2015-01-15T04:14:00Z | |
dc.date.available | 2015-01-15T04:14:00Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.citation | An Nahlawi, Abdurrahman. 1991. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Bandung: Diponegoro. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Budiyanto, Dwi. 2009. Prophetic Learning. Yogyakarta: Pro-U Media, Bintari, Sulis. 2007. Pelaksanaan Pendidikan Anak dalam Keluarga TKW (Studi Kasus di Desa Sumberputih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang). Malang: Tarbiyah-UIN . Hoerudin, Cecep Wahyu, Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter, dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Mei 2011. Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hendropuspito. 1988. Sosiologi Agama. Jakarta: Yayasan Kanisius. Hidayatullah, M. Furqon. 2009. Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta:Yuma Pustaka. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan) Moleong, Lexy J.. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Miles, MB, and Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Pub. Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Aina. 2011. Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Pakem dalam KBM di SMPN 2 Cikeusik Kabupaten Pandeglang Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung. Prawiro, Bambang.1991. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:UNS press. Ritzer, Goerge. Goodman, Dauglasj. 2003. Teori Sosiologi Modern, Edisi ke Enam. Jakarta: Prenada Media. | en_US |
dc.identifier.issn | 0852-3860 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5082 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif untuk mengungkap
implementasi pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru.
Berdasarkan data yang diperoleh, didapat hasil bahwa implementasi
pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru adalah terdiri dari lima
hal, pertama, dalam bidang ibadah, pelaksanaanya dilakukan dengan
pantauan koordinator keagamaan. Apabila dalam pelaksanaan ibadah
shalat dan dzikir anak didik melakukan dengan bermain-main dan
kurang benar, maka mereka diminta untuk mengulang. Kedua,
kedisiplinan, dalam pelaksanaan untuk membangun kedisiplinan,
semua elemen bekerjasama untuk hidup disiplin. Ketiga, kebersihan
dan keindahan, melalui: pelaksanaan kebersihan di kelas masingmasing,
yakni dengan menjadwal petugas piket, agar anak didik
terarah untuk menjaga kebersihan. Keempat, prilaku sosial, dalam
pelaksanannya pukul 06.30 WIb guru sudah datang di sekolahan,
kemudian menyambut siswa dengan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan,
dan santun). Keenam, makan dan minum, pelaksanaannya dilakukan
bersama-sama, baik makanan yang diperoleh lewat katering, bawa
dari rumah, ataupun membeli di kantin, ketika makan dilakukan
bersama-sama, diawali dengan do’a bersama. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | implementasi | en_US |
dc.subject | pendidikan | en_US |
dc.subject | karakter | en_US |
dc.title | Implementasi Pendidikan Karakter di SD Islamal-Azhar Solo Baru | en_US |
dc.type | Article | en_US |