Show simple item record

dc.contributor.authorZuhri, Saifuddin
dc.date.accessioned2015-01-15T04:14:00Z
dc.date.available2015-01-15T04:14:00Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.citationAn Nahlawi, Abdurrahman. 1991. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Bandung: Diponegoro. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Budiyanto, Dwi. 2009. Prophetic Learning. Yogyakarta: Pro-U Media, Bintari, Sulis. 2007. Pelaksanaan Pendidikan Anak dalam Keluarga TKW (Studi Kasus di Desa Sumberputih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang). Malang: Tarbiyah-UIN . Hoerudin, Cecep Wahyu, Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter, dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Mei 2011. Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hendropuspito. 1988. Sosiologi Agama. Jakarta: Yayasan Kanisius. Hidayatullah, M. Furqon. 2009. Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta:Yuma Pustaka. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan) Moleong, Lexy J.. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Miles, MB, and Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Pub. Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Aina. 2011. Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Pakem dalam KBM di SMPN 2 Cikeusik Kabupaten Pandeglang Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung. Prawiro, Bambang.1991. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:UNS press. Ritzer, Goerge. Goodman, Dauglasj. 2003. Teori Sosiologi Modern, Edisi ke Enam. Jakarta: Prenada Media.en_US
dc.identifier.issn0852-3860
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5082
dc.description.abstractPenelitian ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif untuk mengungkap implementasi pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru. Berdasarkan data yang diperoleh, didapat hasil bahwa implementasi pendidikan karakter di SD Al-Azhar Solo Baru adalah terdiri dari lima hal, pertama, dalam bidang ibadah, pelaksanaanya dilakukan dengan pantauan koordinator keagamaan. Apabila dalam pelaksanaan ibadah shalat dan dzikir anak didik melakukan dengan bermain-main dan kurang benar, maka mereka diminta untuk mengulang. Kedua, kedisiplinan, dalam pelaksanaan untuk membangun kedisiplinan, semua elemen bekerjasama untuk hidup disiplin. Ketiga, kebersihan dan keindahan, melalui: pelaksanaan kebersihan di kelas masingmasing, yakni dengan menjadwal petugas piket, agar anak didik terarah untuk menjaga kebersihan. Keempat, prilaku sosial, dalam pelaksanannya pukul 06.30 WIb guru sudah datang di sekolahan, kemudian menyambut siswa dengan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). Keenam, makan dan minum, pelaksanaannya dilakukan bersama-sama, baik makanan yang diperoleh lewat katering, bawa dari rumah, ataupun membeli di kantin, ketika makan dilakukan bersama-sama, diawali dengan do’a bersama.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectimplementasien_US
dc.subjectpendidikanen_US
dc.subjectkarakteren_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter di SD Islamal-Azhar Solo Baruen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record