Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Menyenangkan di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk pendidikan karakter dengan model
pembelajaran yang menyenangkan di lingkungan peserta didik sekolah Dasar berbudaya Jawa
yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran.
Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan pengamatan terlibat aktif dan wawancara mendalam dengan guruguru
dan siswa-siswa SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan snowball technic of analysis
model Milles Huberman.
Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) pemahaman guru SD tentang pendidikan karakter
belum luas, guru masih mendefinisikan pendidikan karakter dengan proses belajar mengajar yang
di dalamnya ditumbuhkan karakter-karakter yang baik, misalnya: disiplin, bertanggung jawab,
rajin, tenggang rasa, dll., (2) pemahaman siswa SD tentang pendidikan karakter sangat dangkal.
Siswa SD hanya mengetahui bahwa di sekolah ada aturan-aturan yang jika dilanggar akan
mendapat teguran sampai hukuman, (3) implementasi pendidikan karakter melalui model
pembelajaran yang menyenangkan dilakukan oleh guru dengan memodifikasi pembelajaran
dengan strategi pembelajaran menyenangkan melalui nyanyian, permainan, dan nasihat yang
mengarah ke budaya Jawa.