dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.date.accessioned | 2015-03-06T10:04:07Z | |
dc.date.available | 2015-03-06T10:04:07Z | |
dc.date.issued | 2013-12 | |
dc.identifier.citation | Hartono. [2008]. Strategi Pembelajaran Active Learning (www. Strategi Pembelajaran Active Learning « Membina Generasi Rabbani.Htm, tgl 5 Juni 2010). Hernowo. [2007]. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung: Penerbit MLC. Lickona, Thomas. [1991]. Educating for character, how our school can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books _______. [2013]. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media. Lie, Anita. [2007]. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Marzuki, M. Murdiono, Samsuri. [2011]. Pembinaan Karakter Siswa berbasis Pendidikan Agama di SD dan SMP di DIY, dalam JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 41, Nomor 1, Mei 2011, hal. 71-86 Megawangi, Ratna, Dkk. [2005]. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta Pusat: Viscom Pratama. Miles, M.B. & Huberman, A.M. [1984]. Qualitative Data Analisys: A Source Book of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications Moleong, Lexy.J. [1990]. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Pardjono. [2010]. Pendidikan Karakter di Indonesia: Konsep dan Implementasinya, Makalah ini disampaikan pada saat Seminar Nasional ”Revitalisasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Bangsa” pada tanggal 16 Mei 2010. Sjarkawi. [2006]. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara. | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5322 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk pendidikan karakter dengan model
pembelajaran yang menyenangkan di lingkungan peserta didik sekolah Dasar berbudaya Jawa
yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran.
Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan pengamatan terlibat aktif dan wawancara mendalam dengan guruguru
dan siswa-siswa SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan snowball technic of analysis
model Milles Huberman.
Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) pemahaman guru SD tentang pendidikan karakter
belum luas, guru masih mendefinisikan pendidikan karakter dengan proses belajar mengajar yang
di dalamnya ditumbuhkan karakter-karakter yang baik, misalnya: disiplin, bertanggung jawab,
rajin, tenggang rasa, dll., (2) pemahaman siswa SD tentang pendidikan karakter sangat dangkal.
Siswa SD hanya mengetahui bahwa di sekolah ada aturan-aturan yang jika dilanggar akan
mendapat teguran sampai hukuman, (3) implementasi pendidikan karakter melalui model
pembelajaran yang menyenangkan dilakukan oleh guru dengan memodifikasi pembelajaran
dengan strategi pembelajaran menyenangkan melalui nyanyian, permainan, dan nasihat yang
mengarah ke budaya Jawa. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
dc.subject | model pembelajaran menyenangkan | en_US |
dc.subject | berbudaya jawa | en_US |
dc.title | Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Menyenangkan di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa | en_US |
dc.type | Article | en_US |