Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas IVA di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kurikulum pada kelas IV A SD
Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta dan menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan kurikulum 2013 pada kelas IV A oleh SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.
SD Muhammadiyah PK Kota Barat Surakarta adalah Sekolah dasar yang menerapkan kurikulum
2013. Kurikulum sudah berlangsung beberapa bulan mulai dari tahun pelajaran baru. Dalam
pelaksanakan kurikulum tentunya ada kendala – kendala yang tidak di inginkan, maka dari itu
peneliti melakukan penelitian yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas IV A SD
Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Jenis Penelitian yang digunakan yakni penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah PK Kottabarat sudah
menyusun RPP sesuai kurikulum 2013. Menggunakan tematik integratif dalam melaksanakan
proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dan metode ceramah, diskusi, tanya jawab
serta penugasan. Tidak ada pemisahan antarpelajaran. PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA,
IPS, SBDB, dan PJOK adalah mata pelajaran yang dipadukan menjadi satu dengan tema yang
telah direncanakan. Kendala yang dihadapi oleh SD ini tidak terlalu berat hanya siswa yang ramai
dan manajemen kelas yang belum tercapai.