dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.contributor.author | Ervannudin, Nur | |
dc.date.accessioned | 2015-03-07T04:05:39Z | |
dc.date.available | 2015-03-07T04:05:39Z | |
dc.date.issued | 2014-05 | |
dc.identifier.citation | Afifuddin dan Ahmad Saebani 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia Arifin, Z. 2013. “Evaluasi Pembelajaran”. (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIK AN/196105011986011ZAINAL_ARIFI N/Silabus_Evaluasi_Pembelajaran/SL IDE_EVALUASI_PEMBELAJARAN/S LIDE_BARU.pdf) Diakses tanggal 1 November 2013 Jam 19.59 Firmasyah, F. 2007. “Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Tadrîs. Volume 2. Nomor 1. 2007 Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Maleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Rubiyanto, Rubino. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: PGSD FKIP UMS Ruhana, F dan Yesi Yuliana. 2010. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurikulum Baru”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 10, Nomor 2, Juli 2010: 141 – 153 Sudrajat, A. 2013. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah” (http://akhmadsudrajat.wordpress.com /2013/06/21/download-permendikbudtentang-kurikulum-2013/) Diakses tanggal 14 Oktober 2013 jam 16.10 Suparno, P. 2008. Action Research Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo TIM PLPG. 2013. Rasional Pengembangan Kurikulum 2013. Semarang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang Wardani, N.S. 2013. “Implementasi Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Tematik Dan Evaluasinya Dalam Kurikulum 2013 Siswa Kelas Rendah”. Proceeding Seminar Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Yogyakarta Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Sebuah Harapan dan Tantangan ; p301 – 313 | en_US |
dc.identifier.issn | 978-602-1145-04-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5325 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kurikulum pada kelas IV A SD
Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta dan menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan kurikulum 2013 pada kelas IV A oleh SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.
SD Muhammadiyah PK Kota Barat Surakarta adalah Sekolah dasar yang menerapkan kurikulum
2013. Kurikulum sudah berlangsung beberapa bulan mulai dari tahun pelajaran baru. Dalam
pelaksanakan kurikulum tentunya ada kendala – kendala yang tidak di inginkan, maka dari itu
peneliti melakukan penelitian yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas IV A SD
Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Jenis Penelitian yang digunakan yakni penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah PK Kottabarat sudah
menyusun RPP sesuai kurikulum 2013. Menggunakan tematik integratif dalam melaksanakan
proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dan metode ceramah, diskusi, tanya jawab
serta penugasan. Tidak ada pemisahan antarpelajaran. PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA,
IPS, SBDB, dan PJOK adalah mata pelajaran yang dipadukan menjadi satu dengan tema yang
telah direncanakan. Kendala yang dihadapi oleh SD ini tidak terlalu berat hanya siswa yang ramai
dan manajemen kelas yang belum tercapai. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | implementasi | en_US |
dc.subject | kurikulum 2013 | en_US |
dc.title | Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas IVA di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Surakarta | en_US |
dc.type | Article | en_US |