Penilaian Sikap Pada Kurikulum 2013 di Kelas IV SD Negeri Kleco I Surakarta
View/ Open
Date
2014-05Author
Wulandari, Murfiah Dewi
Dwiyanto, Andi
Hastuti, Winda
Metadata
Show full item recordAbstract
Penilaian sikap pada kurikulum 2013 melalui pengamatan dapat menggunakan jurnal atau daftar
ceklis pengamatan yang memuat aspek sikap yang diamati, penilaian diri, dan penilaian antar
teman. Jurnal adalah catatan pendidik yang sistematis di dalam dan di luar kelas yang berisi
informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik berkaitan dengan
sikap dan perilaku. Rincian aspek sikap yang diamati merujuk pada indikator sikap yang dijabarkan
dari KI-1 dan KI-2 pada saat dilakukan analisis kompetensi. Penilaian sikap dilakukan sebagai
upaya mengembangkan sikap sosial dan sikap religius dalam rangka pengembangan nilai karakter
bangsa.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penilaian sikap pada kurikulum 2013 di Kelas IV
SD N Kleco I Surakarta?. Dan bertujuan mendeskripsikan penilaian sikap pada kurikulum 2013 di
Kelas IV SD N Kleco I Surakarta.
Dari hasil penelitian di SDN Kleco I Surakarta menggunakan penilaian sikap antara lain: jurnal
guru, pengamatan pada siswa, siswa melakukan penilaian diri sendiri dan penilaian terhadap
teman. Dari hasil penilaian sikap sudah menunjukkan sikap yang baik, hanya sikap terhadap
kebersihan yang belum baik