dc.contributor.author | Wulandari, Murfiah Dewi | |
dc.contributor.author | Dwiyanto, Andi | |
dc.contributor.author | Hastuti, Winda | |
dc.date.accessioned | 2015-03-09T09:10:02Z | |
dc.date.available | 2015-03-09T09:10:02Z | |
dc.date.issued | 2014-05 | |
dc.identifier.citation | Darmadi, H.. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendididkan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Psma. 2013.“Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran melalui Pendekatan Saintifik” Maleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Miles, M.B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia. 5 Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan Sukmadinata, N.S.. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-1145-04-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5332 | |
dc.description.abstract | Penilaian sikap pada kurikulum 2013 melalui pengamatan dapat menggunakan jurnal atau daftar
ceklis pengamatan yang memuat aspek sikap yang diamati, penilaian diri, dan penilaian antar
teman. Jurnal adalah catatan pendidik yang sistematis di dalam dan di luar kelas yang berisi
informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik berkaitan dengan
sikap dan perilaku. Rincian aspek sikap yang diamati merujuk pada indikator sikap yang dijabarkan
dari KI-1 dan KI-2 pada saat dilakukan analisis kompetensi. Penilaian sikap dilakukan sebagai
upaya mengembangkan sikap sosial dan sikap religius dalam rangka pengembangan nilai karakter
bangsa.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penilaian sikap pada kurikulum 2013 di Kelas IV
SD N Kleco I Surakarta?. Dan bertujuan mendeskripsikan penilaian sikap pada kurikulum 2013 di
Kelas IV SD N Kleco I Surakarta.
Dari hasil penelitian di SDN Kleco I Surakarta menggunakan penilaian sikap antara lain: jurnal
guru, pengamatan pada siswa, siswa melakukan penilaian diri sendiri dan penilaian terhadap
teman. Dari hasil penilaian sikap sudah menunjukkan sikap yang baik, hanya sikap terhadap
kebersihan yang belum baik | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | penilaian sikap | en_US |
dc.subject | kurikulum 2013 | en_US |
dc.title | Penilaian Sikap Pada Kurikulum 2013 di Kelas IV SD Negeri Kleco I Surakarta | en_US |
dc.type | Article | en_US |