dc.contributor.author | Kaltsum, Honest Ummi | |
dc.date.accessioned | 2015-03-10T06:09:24Z | |
dc.date.available | 2015-03-10T06:09:24Z | |
dc.date.issued | 2014-05 | |
dc.identifier.citation | Meliono, I. 2011. Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies. Mungmachon, R. 2012. Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 13; July 2012 Padmanugraha. 2010. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A Contemporary Javanese Native’s Experience. Presented in International Conference on “Local Wisdom for Character Building” on May 29, 2010 Setiyadi, D.B.P. 2013. Discourse Analysis Of Serat Kalatidha: Javanese Cognition System And Local Wisdom. Asian Journal Of Social Sciences & Humanities. Vol.2 No. 4 November 2013 ISSN 2186 8484 Wisnuaji dan Jafar. 2013. Local Wisdom-Based Trisakti Mmqs Curriculum. A paper presented at International Cooperation for Education about Standardization (ICES) taking place 12-14 June 2013 at ETSI, Sophia Antipolis, France Sudartini, S. Inserting Local Culture In English Language Teaching To Promote Character Education. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1451/1238 Widuroyekti. Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Sebagai Materi Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. http://utsurabaya.files.wordpress.com/2013/01/barokah.pdf Wuryandari, W. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajran Untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309073 | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-1145-04-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5340 | |
dc.description.abstract | Dalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang kurikulum SD dituliskan bahwa Mata Pelajaran
SD/MI terdiri dari dua kelompok, kelompok A dan kelompok B. Kelompok B terdiri dari 1. Seni
Budaya Dan Prakarya., 2. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, Dan Kesehatan. Selanjutnya
dijelaskan bahwa Matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah.
Matapelajaran Kelompok B adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh
pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Bahasa
Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan matapelajaran Seni
Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk
memisahkannya.
Permasalahan mendasarnya adalah sudahkan potensi lokal benar-benar disertakan dalam
muatan lokal? Tulisan ini mengkaji tentang bagaimana seyogyanya potensi lokal benar-benar
disertakan dalam materi matapelajaran muatan lokal. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | muatan lokal | en_US |
dc.subject | potensi lokal | en_US |
dc.subject | bahasa Inggris | en_US |
dc.title | Muatan Lokal (Matapelajaran Bahasa Inggris) Sarat dengan Potensi Lokal sebagai Salah Satu Alternatif Pola Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (SD) | en_US |
dc.type | Article | en_US |