Show simple item record

dc.contributor.authorKaltsum, Honest Ummi
dc.date.accessioned2015-03-10T06:09:24Z
dc.date.available2015-03-10T06:09:24Z
dc.date.issued2014-05
dc.identifier.citationMeliono, I. 2011. Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies. Mungmachon, R. 2012. Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 13; July 2012 Padmanugraha. 2010. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A Contemporary Javanese Native’s Experience. Presented in International Conference on “Local Wisdom for Character Building” on May 29, 2010 Setiyadi, D.B.P. 2013. Discourse Analysis Of Serat Kalatidha: Javanese Cognition System And Local Wisdom. Asian Journal Of Social Sciences & Humanities. Vol.2 No. 4 November 2013 ISSN 2186 8484 Wisnuaji dan Jafar. 2013. Local Wisdom-Based Trisakti Mmqs Curriculum. A paper presented at International Cooperation for Education about Standardization (ICES) taking place 12-14 June 2013 at ETSI, Sophia Antipolis, France Sudartini, S. Inserting Local Culture In English Language Teaching To Promote Character Education. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1451/1238 Widuroyekti. Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Sebagai Materi Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. http://utsurabaya.files.wordpress.com/2013/01/barokah.pdf Wuryandari, W. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajran Untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309073en_US
dc.identifier.isbn978-602-1145-04-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5340
dc.description.abstractDalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang kurikulum SD dituliskan bahwa Mata Pelajaran SD/MI terdiri dari dua kelompok, kelompok A dan kelompok B. Kelompok B terdiri dari 1. Seni Budaya Dan Prakarya., 2. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, Dan Kesehatan. Selanjutnya dijelaskan bahwa Matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah. Matapelajaran Kelompok B adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Permasalahan mendasarnya adalah sudahkan potensi lokal benar-benar disertakan dalam muatan lokal? Tulisan ini mengkaji tentang bagaimana seyogyanya potensi lokal benar-benar disertakan dalam materi matapelajaran muatan lokal.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectmuatan lokalen_US
dc.subjectpotensi lokalen_US
dc.subjectbahasa Inggrisen_US
dc.titleMuatan Lokal (Matapelajaran Bahasa Inggris) Sarat dengan Potensi Lokal sebagai Salah Satu Alternatif Pola Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (SD)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record