Implementasi Strategi Teams Games Tournament Berbasis Cartoons Art pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar
View/ Open
Date
2014-05Author
Bakhtiar, Faisal Azmi
Hidayati, Yulia Maftuhah
Metadata
Show full item recordAbstract
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan
penting dalam pendidikan. Pelajaran Matematika dalam pelaksanaan pendidikan
mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Matematika diajarkan bukan
hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung didalam
matematika itu sendiri, tetapi matematika diajarkan pada dasarnya bertujuan untuk
membantu melatih pola pikir semua siswa agar dapat memecahkan masalah
dengan kritis, logis dan tepat.Untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa
tidaklah mudah, oleh sebab itu dengan menggunakan strategi pembelajaran Teams
Games Tournamentberbasis Cartoons Art diharapkan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Penggunaan strategipembelajaran Teams Games Tournament
berbasis Cartoons Art lebih menekankan pada pembelajaran sambil
bermain.Strategi ini baik diterapkan dalam pembelajaran karena strategi ini
mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar.
Strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoons Artdapat
diimplementasikan dalam materi pembelajaran matematika salah satunya yaitu
mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat. Pada materi tersebut guru
menyediakan buku teks siswa yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai
operasi hitung campuran bilangan bulat. Buku teks tersebut dimodifikasi dengan
gambar idola kartun yang disenangi oleh siswa pada saat itu. Hal tersebut
berfungsi untuk lebih menarik perhatian siswa dan pembelajaran lebih
menyenangkan.