Implementasi Strategi Teams Games Tournament Berbasis Cartoons Art pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar
dc.contributor.author | Bakhtiar, Faisal Azmi | |
dc.contributor.author | Hidayati, Yulia Maftuhah | |
dc.date.accessioned | 2015-03-10T07:34:03Z | |
dc.date.available | 2015-03-10T07:34:03Z | |
dc.date.issued | 2014-05 | |
dc.identifier.citation | Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Samino, Marsudi, Saring. 2013. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Surtikanti, Santoso, Joko. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS. 8 Kompas. 2013. Indonesia nyaris menjadi juru kunci. Jakarta. (online) (https://www.kompas.com/ indonesia/nyaris/menjadi/juru/kunci.html, diakses pada taggal 10 desember 2013). Jufri, Selviana. 2009. Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Kelas X Semester 2 MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Subekti, Retno et al. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan KartunMatematika Edukatif Untuk Trauma Healing Siswa SD Korban Bencana ErupsiGunung Merapi. Jurnal. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta. Hagane, Ginga. 2011. What percent of children watch cartoon. (online), (http://wiki.answers.com/Q/What_percent_of_children_watch_cartoon&is LookUp=1, diakses pada tanggal 6 januari 2014) Faisal, dkk. 2013. Team Games Tournament (Online). (http:// mpcartoonart.blogspot.com/2013/07/ teams – games – tournament – tgt .html, diakses pada tanggal 26 Januari 2014). | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-1145-04-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5343 | |
dc.description.abstract | Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Pelajaran Matematika dalam pelaksanaan pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Matematika diajarkan bukan hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung didalam matematika itu sendiri, tetapi matematika diajarkan pada dasarnya bertujuan untuk membantu melatih pola pikir semua siswa agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis dan tepat.Untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa tidaklah mudah, oleh sebab itu dengan menggunakan strategi pembelajaran Teams Games Tournamentberbasis Cartoons Art diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan strategipembelajaran Teams Games Tournament berbasis Cartoons Art lebih menekankan pada pembelajaran sambil bermain.Strategi ini baik diterapkan dalam pembelajaran karena strategi ini mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar. Strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoons Artdapat diimplementasikan dalam materi pembelajaran matematika salah satunya yaitu mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat. Pada materi tersebut guru menyediakan buku teks siswa yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat. Buku teks tersebut dimodifikasi dengan gambar idola kartun yang disenangi oleh siswa pada saat itu. Hal tersebut berfungsi untuk lebih menarik perhatian siswa dan pembelajaran lebih menyenangkan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | matematika | en_US |
dc.subject | strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoons Art | en_US |
dc.subject | Operasi Hitung Campuran | en_US |
dc.subject | Bilangan Bulat | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | Implementasi Strategi Teams Games Tournament Berbasis Cartoons Art pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas
Menjadi Tenaga Pendidik Khairu Ummah, Profesional, Berakhlak Mulia yang mampu Membangun Peradaban Islam melalui Ilmu Pengetaahuan, Teknologi dan Seni dibidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar