• Login
    View Item 
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Media Pembelajaran KIT IPA untuk Meningkatkan Motivasi Siswa : Media Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Artikel.pdf (530.7Kb)
    Date
    2013-05
    Author
    Darsono
    Wulandari, Murfiah Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya berdampak pula terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran IPA melalui media alat peraga pembelajaran KIT IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA yaitu hanya 25,2% dari jumlah siswa secara keseluruhan sehingga berdampak pada hasil belajar tentunya, terbukti hanya mencapai ketuntasan hasil belajar hanya 55,5% dari jumlah siswa secara keseluruhan >70(memenuhi KKM). Analisis kolaboratif menyatakan terdapat salah satu penyebab yaitu penggunaan Media KIT IPA yang belum pernah sekalipun digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN I Jatisari Kecamatan Sambi Kabupten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan test. Untuk menjamin validitas digunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan mengguanakan media KIT IPA dalam pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar meningkat dari siklus I 43,2% menjadi 86,4% pada siklus II. Sehingga timbul peningkatan sebanyak 43,2%. Sehingga juga berdampak pada hasil belajar siswa dari siklus I hanya 63,6% menjadi 98,1% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar sebanyak 34,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan Penggunaan Media KIT IPA dapat Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5370
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV