dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang
nantinya berdampak pula terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran IPA
melalui media alat peraga pembelajaran KIT IPA. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA
yaitu hanya 25,2% dari jumlah siswa secara keseluruhan sehingga berdampak pada
hasil belajar tentunya, terbukti hanya mencapai ketuntasan hasil belajar hanya
55,5% dari jumlah siswa secara keseluruhan >70(memenuhi KKM). Analisis
kolaboratif menyatakan terdapat salah satu penyebab yaitu penggunaan Media KIT
IPA yang belum pernah sekalipun digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah
Guru dan Siswa kelas V SDN I Jatisari Kecamatan Sambi Kabupten Boyolali.
Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan
test. Untuk menjamin validitas digunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri
dari reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dengan mengguanakan media KIT IPA dalam pembelajaran
mampu meningkatkan motivasi belajar meningkat dari siklus I 43,2% menjadi 86,4%
pada siklus II. Sehingga timbul peningkatan sebanyak 43,2%. Sehingga juga
berdampak pada hasil belajar siswa dari siklus I hanya 63,6% menjadi 98,1% pada
siklus II. Peningkatan hasil belajar sebanyak 34,5%. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa dengan Penggunaan Media KIT IPA dapat Meningkatkan Motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPA. | en_US |