Show simple item record

dc.contributor.authorDarsono
dc.contributor.authorWulandari, Murfiah Dewi
dc.date.accessioned2015-03-12T08:48:36Z
dc.date.available2015-03-12T08:48:36Z
dc.date.issued2013-05
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka cipta. Margono S. 2007. Konsep dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu Mudyahardjo. 2010. Filsafat Pendidikan. Bandung : Rosda Karya Munadi Yudhi. 2008. Penanganan serta Dampak Peserta Didik. Jakarta: Indeks Sugiyono. 2010 .Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta :Bumi Aksara Susilo H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang : Bayu Media Zainal A. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda Karyaen_US
dc.identifier.isbn978-602-8580-88-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5370
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya berdampak pula terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran IPA melalui media alat peraga pembelajaran KIT IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA yaitu hanya 25,2% dari jumlah siswa secara keseluruhan sehingga berdampak pada hasil belajar tentunya, terbukti hanya mencapai ketuntasan hasil belajar hanya 55,5% dari jumlah siswa secara keseluruhan >70(memenuhi KKM). Analisis kolaboratif menyatakan terdapat salah satu penyebab yaitu penggunaan Media KIT IPA yang belum pernah sekalipun digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN I Jatisari Kecamatan Sambi Kabupten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan test. Untuk menjamin validitas digunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan mengguanakan media KIT IPA dalam pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar meningkat dari siklus I 43,2% menjadi 86,4% pada siklus II. Sehingga timbul peningkatan sebanyak 43,2%. Sehingga juga berdampak pada hasil belajar siswa dari siklus I hanya 63,6% menjadi 98,1% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar sebanyak 34,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan Penggunaan Media KIT IPA dapat Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectmotivasi belajar IPAen_US
dc.subjectmedia KIT IPAen_US
dc.titleMedia Pembelajaran KIT IPA untuk Meningkatkan Motivasi Siswa : Media Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record