• Login
    View Item 
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motivasi Belajar matEmatika Melalui Media Kartu Kemudi Pintar pada Siswa Kelas v di Sekolah Dasar Muhammadiyah 11 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Artikel.pdf (778.1Kb)
    Date
    2013-05
    Author
    Hidayati, Yulia Maftuhah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penggunaan media kartu kemudi pintar (KKP) (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui media KKP pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 11 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V melalui media KKP. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian motivasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus II pertemuan ke dua, yaitu: dari 33 siswa yang ada, dari aspek antusias dalam belajar meningkat dari 45,45% menjadi 84,85%, kemauan mendengarkan penjelasan guru meningkat dari 48,48% menjadi 81,82%, keberanian bertanya apabila kurang paham meningkat dari 9,09% menjadi 87,88%, keberanian menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau siswa lain meningkat dari 30,30% menjadi 93,94%, kemampuan mengerjakan soal latihan dengan cepat meningkat dari 27,27% menjadi 84,85%, kerjasama dengan anggota kelompok meningkat dari 12,12% menjadi 87,88%, mampu memberikan tanggapan meningkat dari 15,15% menjadi 84,85%. Selain itu prosentase hasil belajarsiswa yang mencapai KKM (≥70) juga menunjukkan peningkatan, pada pra siklus hanya mencapai 27,27%, pada siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 69,70%, kemudian pada siklus II pertemuan ke dua meningkat menjadi 81,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media KKP dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5372
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV