dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Hayati, Umi Nur. 2010. Penggunaan Media Kartu Permainan Bilangan Pecahan dan Blok Pecahan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Tahun 2009/2010. Skipsi. Malang: FKIP, Universitas Negeri Malang. Irkhan, Muhammad. 2010. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Model Bangun Datar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Bakalan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun 2009/2010. Skipsi. Surakarta: FKIP, UNS Moelong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Patton, Michael Quinn. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: UMS. Ruseffendi, E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid Guru dan SPG. Bandung: Tarsito. Sadiman, Arief S, dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sadulloh, Uyoh, dkk. 2007. Pedagogik. Bandung: Cipta Utama. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Susilo, Herawati, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media. Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Warsono. 2010. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wukir Sawit Tahun Pelajaran 2009/2010. Skipsi. Surakarta: FKIP, UNS. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui
penggunaan media kartu kemudi pintar (KKP) (2) untuk meningkatkan hasil belajar
matematika melalui media KKP pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 11 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Surakarta yang berjumlah 33
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika
pada siswa kelas V melalui media KKP. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan prosentase indikator pencapaian motivasi belajar siswa dari pra
siklus ke siklus II pertemuan ke dua, yaitu: dari 33 siswa yang ada, dari aspek
antusias dalam belajar meningkat dari 45,45% menjadi 84,85%, kemauan
mendengarkan penjelasan guru meningkat dari 48,48% menjadi 81,82%,
keberanian bertanya apabila kurang paham meningkat dari 9,09% menjadi
87,88%, keberanian menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau siswa
lain meningkat dari 30,30% menjadi 93,94%, kemampuan mengerjakan soal
latihan dengan cepat meningkat dari 27,27% menjadi 84,85%, kerjasama dengan
anggota kelompok meningkat dari 12,12% menjadi 87,88%, mampu memberikan
tanggapan meningkat dari 15,15% menjadi 84,85%. Selain itu prosentase hasil
belajarsiswa yang mencapai KKM (≥70) juga menunjukkan peningkatan, pada
pra siklus hanya mencapai 27,27%, pada siklus I pertemuan pertama meningkat
menjadi 69,70%, kemudian pada siklus II pertemuan ke dua meningkat menjadi
81,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media KKP dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang
berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula. | en_US |