dc.contributor.author | Hidayati, Yulia Maftuhah | |
dc.contributor.author | Herawati, Astri | |
dc.contributor.author | Rofiah, Siti Naimmatul | |
dc.date.accessioned | 2015-03-13T03:50:49Z | |
dc.date.available | 2015-03-13T03:50:49Z | |
dc.date.issued | 2014-05 | |
dc.identifier.citation | Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Samino, Marsudi, Saring. 2013. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media. Setyawan. 2011. Strategi Example non Example (online), (http://www.konsistensi.com/2013/01/strategi-examples-non examples.html, diakses pada 22 Oktober 2013 pukul 19.50 WIB). Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Surtikanti, Santoso, | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-7047-10-5 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5373 | |
dc.description.abstract | Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan
penting dalam pendidikan. Pelajaran Matematika dalam pelaksanaan pendidikan
mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Matematika diajarkan bukan
hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung didalam
matematika itu sendiri, tetapi matematika diajarkan pada dasarnya bertujuan untuk
membantu melatih pola pikir semua siswa agar dapat memecahkan masalah
dengan kritis, logis dan tepat. Untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa
tidaklah mudah, oleh sebab itu dengan menggunakan strategi pembelajaran
example non example berbasis kartun diharapkan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Penggunaan strategi pembelajaran example non example berbasis
kartun lebih menekankan pada konteks analisis siswa. Strategi ini baik diterapkan
dalam pembelajaran karena strategi ini mendorong siswa berpikir kritis untuk
memecahkan suatu persoalan.
Strategi example non example berbasis gambar kartun dapat
diimplementasikan dalam materi pembelajaran matematika salah satunya yaitu
mengenai bangun datar. Pada materi tersebut guru dapat membawa gambar
bangun datar atau gambar benda di sekitar siswa yang merupakan bangun datar.
Gambar yang dibawa guru tersebut dimodifikasi dengan gambar kartun. Hal
tersebut berfungsi untuk lebih menarik perhatian siswa dan pembelajaran lebih
menyenangkan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | matematika | en_US |
dc.subject | strategi example non example berbasis kartun | en_US |
dc.subject | bangun datar | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | Implementasi Strategi Example Non Example Berbasis Kartun pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar | en_US |
dc.type | Article | en_US |