• Login
    View Item 
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Sekolah Dasar: Kontribusi Teknik Pembelajaran Menyukseskan Kurikulum 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Atikel##.pdf (320.2Kb)
    Date
    2013-05
    Author
    Sari, Pepy Anggita
    Rahmawati, Fitri Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan sebuah bangsa lebih ditentukan oleh karakter penduduknya dan karakter penduduk dibina melalui pendidikan yang bermutu dan relevan. Pengajar mengantarkan pendidikan secara menyenangkan dan berkarakter terbukti lebih efektif dalam mewujudkan kesuksesan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Teknik Cerita Berantai pada siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawanacra, metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara. Pada siklus I meningkat untuk lafal dan intonasi 33,33% dari 5 siswa, gerak dan mimik 60% dari 9 siswa, volume suara 73,33% dari 11 siswa, jalan pembicaraan 46,67% dari 7 siswa, kefasihan 53,33% dari 8 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk lafal dan intonasi 86,67% dari 13 siswa, gerak dan mimik 80% dari 12 siswa, volume suara 100% dari 15 siswa, jalan pembicaraan 86,67% dari 13 siswa, kefasihan 86,67% dari 13 siswa. Dari proses pembelajaran tersebut juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 63 dengan ketuntasan belajar 53,33% dari 8 siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 77 dengan ketuntasan belajar 73,33% dari 11 siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 89, 67 dengan ketuntasan belajar 100% dari 15 siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5379
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call For Paper Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai, dan Ketrampilan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV