Penerapan Metode Kansei Engineering Guna Mengidentifikasi Atribut Desain dalam Perancangan Souvenir Khas Malang
View/ Open
Date
2014-12Author
Rofieq, Mochammad
Hariyanto, Samsudin
Wiati, Ni Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Peluang industri bidang pariwisata di wilayah Malang Raya sangat besar. Kebijakan Pemerintah
Daerah di sektor industri ini dan potensi kunjungan wisatawan yang diharapkan terus meningkat
sangat mendukung terwujudnya perputaran roda industri masyarakat yang terkait dengan aktivitas di
bidang pariwisata, seperti cinderamata atau oleh-oleh (souvenir) yang khas Malang. Sepulang dari
kunjungan wisata di wilayah Malang Raya, tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak membawa
souvenir. Dari hasil wawancara dengan Ketua Asosiasi Perajin Kota Malang, diketahui bahwa
potensi home industry souvenir yang berbahan dasar kayu sangat besar, bahkan sampai saat ini
belum ada spesifikasi ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat
pada umumnya. Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
alternatif rancangan souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang dengan cara
mengidentifikasi voice of customer dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui
penerapan Metode Kansei Engineering. Target yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah
dihasilkan inovasi baru yang berupa desain souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas
Malang, publikasi ilmiah dan bahan ajar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut
desain dalam perancangan souvenir khas Malang adalah metode Kansei Engineering. Pengumpulan
data dilakukan di lokasi wisata Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pengolahan data
dilakukan di Laboratorium Komputasi Industri Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang.
Sedangkan workshop pembuatan desain dan pembuatan produk souvenir dikerjakan di Home Industry
GS4 Woodcraft Malang. Hipotesis yang hendak diteliti adalah bahwa sampai dengan saat ini masih
belum ada souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang yang disepakati oleh para
perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya. Ada empat variabel utama yang akan diukur dalam
penelitian ini, yaitu : Khas Malang, Ukuran, Effectiveness dan Simplicity. Dengan teknik analisis
multivariate statistics, keempat variabel tersebut sebagai faktor-faktor dominan yang diperoleh dari
kata-kata Kansei yang sudah dikelompokkan (model, bentuk, simbol, indah, colourful, keinginan
untuk membeli, unik, kesan elegan, panjang, lebar, ketebalan, berat, clear design, sederhana, mudah
dibawa dan lain-lain). Kata-kata Kansei yang terkumpul dikelompokkan ke dalam tiga variabel
pendukung, yaitu : perasaan pada saat melihat desain produk sampel, perasaan setelah memegang
produk sampel dan perasaan setelah mengamati kekurangan yang belum dimiliki produk sampel.
Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode Kansei Engineering
diperoleh identifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir khas Malang.