dc.identifier.citation | Bouchard C., Lim D., Aoussat A. Development of a Kansei Engineering System for Industrial Design : Identification of input data for KES Febriono E.A., Wignjosoebroto S., Sudiarno A. Perancangan Gerobak Sampah yang Ergonomis dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Metode Quality Function Deployment Inwood, David., Hammond, Jean (1995). Pengembangan Produk. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta. Johnson, N., Wichern, D. 2002. Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J. Kurniawan A. 2012. Analisa Perbaikan Kesembangan Lini Produksi pada Proses Pembuatan Souvenir Kayu di Home Industry Woodcraft 'GS4' Malang dengan Membandingkan Metode Helgeson Birne dan Kilbridge Wester, Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang Lee S.H., Harada A., Stappers P.J. Pleasure with Products : Design based on Kansei Majalah Kriya Indonesia Craft, 16-2008 Maringka, Vania BR. 2009 Pembuatan Usaha Desain Produk dan Produksi Aksesori Rumah dan Souvenir Berbahan Kayu Dengan Finishing Lukis Motif Batik Mariyana N., Nurwidiana, Taufiq A.R. Penerapan Metode Kansei Engineering dan Anthropometri pada Pemilihan Desain Fasilitas Ruangan Warnet, Prosiding Seminar Nasional Industrial Design 23 – 24 Oktober 2012 ISBN : 978–602–097–305–0 Nagamachi, M. 1995. Kansei Engineering : A New Ergonomic Consumer-Oriented Technology for Product Development. International Journal of Industrial Ergonomics Vol. 15 No. 1, pp 3 - 11 Nagamachi M., Tachikawa M., Imanishi N., Ishizawa T., Yano S., A Successful Statistical Procedure on Kansei Engineering Products Nagamachi, M. 2008. Perspectives and New Trend of Kansei / Affective Engineering, TQM Journal Purnomo. 2012. Analisis Kecacatan Produk Souvenir Tempat Tisu Berbahan Kayu Menggunakan Pendekatan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) Studi Kasus di Home Industry Woodcraft 'GS4' Malang, Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang Rofieq M. 2012. Perancangan Almari Pakaian Bayi Serbaguna Melalui Brainstorming Dengan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Teknik Industri UMM Vol. 13, Nomor 1, Pebruari 2012 Ulrich, Karl T., Eppinger, Steven D. (2001). Perancangan & Pengembangan Produk. Penerbit Salemba Teknika, Jakarta. http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_kansei diunduh pada tanggal 4 Pebruari 2013 pukul 11.32 wib. http://www.seasite.niu.edu/trans/indonesian/Profil%20Kota%20Malang.htm | in_ID |
dc.description.abstract | Peluang industri bidang pariwisata di wilayah Malang Raya sangat besar. Kebijakan Pemerintah
Daerah di sektor industri ini dan potensi kunjungan wisatawan yang diharapkan terus meningkat
sangat mendukung terwujudnya perputaran roda industri masyarakat yang terkait dengan aktivitas di
bidang pariwisata, seperti cinderamata atau oleh-oleh (souvenir) yang khas Malang. Sepulang dari
kunjungan wisata di wilayah Malang Raya, tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak membawa
souvenir. Dari hasil wawancara dengan Ketua Asosiasi Perajin Kota Malang, diketahui bahwa
potensi home industry souvenir yang berbahan dasar kayu sangat besar, bahkan sampai saat ini
belum ada spesifikasi ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat
pada umumnya. Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
alternatif rancangan souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang dengan cara
mengidentifikasi voice of customer dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui
penerapan Metode Kansei Engineering. Target yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah
dihasilkan inovasi baru yang berupa desain souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas
Malang, publikasi ilmiah dan bahan ajar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut
desain dalam perancangan souvenir khas Malang adalah metode Kansei Engineering. Pengumpulan
data dilakukan di lokasi wisata Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pengolahan data
dilakukan di Laboratorium Komputasi Industri Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang.
Sedangkan workshop pembuatan desain dan pembuatan produk souvenir dikerjakan di Home Industry
GS4 Woodcraft Malang. Hipotesis yang hendak diteliti adalah bahwa sampai dengan saat ini masih
belum ada souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang yang disepakati oleh para
perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya. Ada empat variabel utama yang akan diukur dalam
penelitian ini, yaitu : Khas Malang, Ukuran, Effectiveness dan Simplicity. Dengan teknik analisis
multivariate statistics, keempat variabel tersebut sebagai faktor-faktor dominan yang diperoleh dari
kata-kata Kansei yang sudah dikelompokkan (model, bentuk, simbol, indah, colourful, keinginan
untuk membeli, unik, kesan elegan, panjang, lebar, ketebalan, berat, clear design, sederhana, mudah
dibawa dan lain-lain). Kata-kata Kansei yang terkumpul dikelompokkan ke dalam tiga variabel
pendukung, yaitu : perasaan pada saat melihat desain produk sampel, perasaan setelah memegang
produk sampel dan perasaan setelah mengamati kekurangan yang belum dimiliki produk sampel.
Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode Kansei Engineering
diperoleh identifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir khas Malang. | in_ID |