Show simple item record

dc.contributor.authorRofieq, Mochammad
dc.contributor.authorHariyanto, Samsudin
dc.contributor.authorWiati, Ni Made
dc.date.accessioned2015-03-30T06:30:51Z
dc.date.available2015-03-30T06:30:51Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.citationBouchard C., Lim D., Aoussat A. Development of a Kansei Engineering System for Industrial Design : Identification of input data for KES Febriono E.A., Wignjosoebroto S., Sudiarno A. Perancangan Gerobak Sampah yang Ergonomis dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Metode Quality Function Deployment Inwood, David., Hammond, Jean (1995). Pengembangan Produk. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta. Johnson, N., Wichern, D. 2002. Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J. Kurniawan A. 2012. Analisa Perbaikan Kesembangan Lini Produksi pada Proses Pembuatan Souvenir Kayu di Home Industry Woodcraft 'GS4' Malang dengan Membandingkan Metode Helgeson Birne dan Kilbridge Wester, Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang Lee S.H., Harada A., Stappers P.J. Pleasure with Products : Design based on Kansei Majalah Kriya Indonesia Craft, 16-2008 Maringka, Vania BR. 2009 Pembuatan Usaha Desain Produk dan Produksi Aksesori Rumah dan Souvenir Berbahan Kayu Dengan Finishing Lukis Motif Batik Mariyana N., Nurwidiana, Taufiq A.R. Penerapan Metode Kansei Engineering dan Anthropometri pada Pemilihan Desain Fasilitas Ruangan Warnet, Prosiding Seminar Nasional Industrial Design 23 – 24 Oktober 2012 ISBN : 978–602–097–305–0 Nagamachi, M. 1995. Kansei Engineering : A New Ergonomic Consumer-Oriented Technology for Product Development. International Journal of Industrial Ergonomics Vol. 15 No. 1, pp 3 - 11 Nagamachi M., Tachikawa M., Imanishi N., Ishizawa T., Yano S., A Successful Statistical Procedure on Kansei Engineering Products Nagamachi, M. 2008. Perspectives and New Trend of Kansei / Affective Engineering, TQM Journal Purnomo. 2012. Analisis Kecacatan Produk Souvenir Tempat Tisu Berbahan Kayu Menggunakan Pendekatan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) Studi Kasus di Home Industry Woodcraft 'GS4' Malang, Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang Rofieq M. 2012. Perancangan Almari Pakaian Bayi Serbaguna Melalui Brainstorming Dengan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Teknik Industri UMM Vol. 13, Nomor 1, Pebruari 2012 Ulrich, Karl T., Eppinger, Steven D. (2001). Perancangan & Pengembangan Produk. Penerbit Salemba Teknika, Jakarta. http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_kansei diunduh pada tanggal 4 Pebruari 2013 pukul 11.32 wib. http://www.seasite.niu.edu/trans/indonesian/Profil%20Kota%20Malang.htmin_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5496
dc.description.abstractPeluang industri bidang pariwisata di wilayah Malang Raya sangat besar. Kebijakan Pemerintah Daerah di sektor industri ini dan potensi kunjungan wisatawan yang diharapkan terus meningkat sangat mendukung terwujudnya perputaran roda industri masyarakat yang terkait dengan aktivitas di bidang pariwisata, seperti cinderamata atau oleh-oleh (souvenir) yang khas Malang. Sepulang dari kunjungan wisata di wilayah Malang Raya, tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak membawa souvenir. Dari hasil wawancara dengan Ketua Asosiasi Perajin Kota Malang, diketahui bahwa potensi home industry souvenir yang berbahan dasar kayu sangat besar, bahkan sampai saat ini belum ada spesifikasi ‘Khas Malang’ yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya. Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif rancangan souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang dengan cara mengidentifikasi voice of customer dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui penerapan Metode Kansei Engineering. Target yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah dihasilkan inovasi baru yang berupa desain souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang, publikasi ilmiah dan bahan ajar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir khas Malang adalah metode Kansei Engineering. Pengumpulan data dilakukan di lokasi wisata Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi Industri Jurusan Teknik Industri Universitas Merdeka Malang. Sedangkan workshop pembuatan desain dan pembuatan produk souvenir dikerjakan di Home Industry GS4 Woodcraft Malang. Hipotesis yang hendak diteliti adalah bahwa sampai dengan saat ini masih belum ada souvenir berbahan dasar kayu yang benar-benar khas Malang yang disepakati oleh para perajin souvenir dan masyarakat pada umumnya. Ada empat variabel utama yang akan diukur dalam penelitian ini, yaitu : Khas Malang, Ukuran, Effectiveness dan Simplicity. Dengan teknik analisis multivariate statistics, keempat variabel tersebut sebagai faktor-faktor dominan yang diperoleh dari kata-kata Kansei yang sudah dikelompokkan (model, bentuk, simbol, indah, colourful, keinginan untuk membeli, unik, kesan elegan, panjang, lebar, ketebalan, berat, clear design, sederhana, mudah dibawa dan lain-lain). Kata-kata Kansei yang terkumpul dikelompokkan ke dalam tiga variabel pendukung, yaitu : perasaan pada saat melihat desain produk sampel, perasaan setelah memegang produk sampel dan perasaan setelah mengamati kekurangan yang belum dimiliki produk sampel. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode Kansei Engineering diperoleh identifikasi atribut desain dalam perancangan souvenir khas Malang.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectDesain Produkin_ID
dc.subjectIndustri Pariwisatain_ID
dc.subjectKansei Engineeringin_ID
dc.subjectSouvenirin_ID
dc.titlePenerapan Metode Kansei Engineering Guna Mengidentifikasi Atribut Desain dalam Perancangan Souvenir Khas Malangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record