• Login
    View Item 
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013
    • View Item
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Proceeding
    • SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Finite dalam Kalimat Tanya Bahasa Inggris oleh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    Artikel Lengkap.pdf (1.067Mb)
    Date
    2013-03
    Author
    Slamet, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Maksud diadakannya penelitian yang ditujukan kepada para mahasiswa ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Inggris, dan 2) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang paling dominan. 3) Memperoleh gambaran secara keseluruhan tentang bentuk kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang dilakukan mahasiswa dalam pengajaran micro teaching in English. Faedah dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) secara akademis, memberikan sumbangan terhadap kajian kebahasaan terutama tentang analisis kesalahan berbahasa sehingga memperkaya cakrawala pandang tentang esensi suatu bahasa, 2) secara praktis, bagi para pengajar, hasil penelitian ini bias digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Sementara itu bagi pengambil kebijakan, hasil penelitian ini bias dijadikan wacana keilmuan sehingga bias sebagai pijakan dalam menentukan kurikulum yang dipakai di jurusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data dengan observasi, dokumentasi dan interview. Selanjutnya populasi penelitian adalah para mahasiswa semester enam PAUD, UMS tahun 2010/2011. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah bersifat snowball. Dalam teknik ini ada 5 kelas pada semester tersebut. Pada tiap-tiap kelas didata kesalahan-kesalahan yang muncul yang dilakukan oleh mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah berkenaan dengan analisis kesalahan yang menggunakan empat tahapan. Tahap tersebut adalah identifikasi, penjelasan, klasifikasi, dan evaluasi kesalahan. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa kesalahan jenis ommission merupakan kesalahan kedua terbanyak yang ditemukan yaitu sebanyak 35 kali. Kesalahan jenis misformation merupakan kesalahan pertama, paling sering, yang dialami oleh responden, yakni 48 kali. Selanjutnya jumlah total yang ditemukan pada addition ada 3 kesalahan. Untuk kesalahan misordering data yang ada hanya 1 saja. Kesalahan-kesalahan tersebut dibuat mahasiswa karena mereka menggunakan bahasa PADU, dimana para mahasiswa masih memadukan antara pola kalimat bahasa Inggris dan pola kalimat bahasa Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5502
    Collections
    • SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV