dc.description.abstract | Maksud diadakannya penelitian yang ditujukan kepada para mahasiswa ini adalah
untuk: 1) Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Inggris, dan 2)
Mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang paling dominan. 3)
Memperoleh gambaran secara keseluruhan tentang bentuk kesalahan penggunaan
bahasa Inggris yang dilakukan mahasiswa dalam pengajaran micro teaching in English.
Faedah dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) secara akademis, memberikan
sumbangan terhadap kajian kebahasaan terutama tentang analisis kesalahan berbahasa
sehingga memperkaya cakrawala pandang tentang esensi suatu bahasa, 2) secara
praktis, bagi para pengajar, hasil penelitian ini bias digunakan sebagai pertimbangan
dalam menentukan strategi belajar mengajar. Sementara itu bagi pengambil kebijakan,
hasil penelitian ini bias dijadikan wacana keilmuan sehingga bias sebagai pijakan dalam
menentukan kurikulum yang dipakai di jurusan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data
dengan observasi, dokumentasi dan interview. Selanjutnya populasi penelitian adalah
para mahasiswa semester enam PAUD, UMS tahun 2010/2011. Dalam penelitian ini
teknik sampling yang digunakan adalah bersifat snowball. Dalam teknik ini ada 5 kelas
pada semester tersebut. Pada tiap-tiap kelas didata kesalahan-kesalahan yang muncul
yang dilakukan oleh mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah berkenaan dengan
analisis kesalahan yang menggunakan empat tahapan. Tahap tersebut adalah
identifikasi, penjelasan, klasifikasi, dan evaluasi kesalahan. Hasil temuan di lapangan
menunjukkan bahwa kesalahan jenis ommission merupakan kesalahan kedua terbanyak
yang ditemukan yaitu sebanyak 35 kali. Kesalahan jenis misformation merupakan
kesalahan pertama, paling sering, yang dialami oleh responden, yakni 48 kali.
Selanjutnya jumlah total yang ditemukan pada addition ada 3 kesalahan. Untuk
kesalahan misordering data yang ada hanya 1 saja. Kesalahan-kesalahan tersebut dibuat
mahasiswa karena mereka menggunakan bahasa PADU, dimana para mahasiswa masih
memadukan antara pola kalimat bahasa Inggris dan pola kalimat bahasa Indonesia. | in_ID |