• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pendidikan Kewarganegaraan di Smp Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Strategi Revitalisasi Nilainilai Pancasila Untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa

    Thumbnail
    View/Open
    BAMBANG SUNARDJOKO ABSTRACK.pdf (562.6Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO BAB I.pdf (339.9Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO II.pdf (557.4Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO III.pdf (232.4Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO IV.pdf (461.8Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO V.pdf (1.010Mb)
    BAMBANG SUNARDJOKO VI.pdf (343.8Kb)
    BAMBANG SUNARDJOKO DAFTAR PUSTAKA.pdf (256.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Sumardjoko, Bambang
    Musiyam, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Globalisasi membawa negara-negara bangsa terintegrasi dalam jaringan global seakan menyatu dalam “Global Village”.Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dalam rangka memenangkan persaingan di pasar global, bangsa Indonesia harus memiliki jati diri. Para pendiri negara telahmenetapkan Pancasila sebagai dasar Negara sekaligus sebagai pandangan hidupbangsa. Kedudukan dan fungsi tersebut bersifat hakiki, karena itu nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan secara berkelanjutan untuk membangun karakter bangsa. Menggali dan menanamkan nilai-nilai Pancasila yang bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal secara inheren lewat pendidikan memiliki fungsi strategis bagi penguatan karakter dan jati diri bangsa.PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk “citizenship education” karena itu perlu dilakukan penelitian pengembangan model pembelajaran Kewarganegaraan berbasis kearifan lokal sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila untuk penguatan karakter dan jati diri bangsa. Penelitian pengembangan ini dilakukan selama dua tahapan dalam waktu dua tahun.Tujuan umum penelitian adalah menemukan dan mengembangkan model PKn di SMP berbasis kearifan lokal sebagai penguatan karakter dan jati diri bangsa. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan PKn di SMP dalam penguatan karakter dan jati diri bangsa yang saat ini dilaksanakan. (2) merumuskan desain model PKn berbasis kearifan lokal sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila untuk penguatan karakter dan jati diri bangsa (tentatif); (3) menemukan model; (4) menyusun perangkat pembelajaran PKn berbasis kearifan lokal sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila untuk penguatan karakter dan Jati diri bangsa. Pada tahap ke-1, analisis fokus yang dikaji dan perencanaan desain model menggunakan pendekatan kualitatif menempuh alur pelaksanaan sebagai berikut: (1) studi literatur; (2) pengumpulan data lapangan dan triangulasi data dilakukan untuk mengungkap tujuan khusus pertama, yaitu mendeskripsikan model PKn di SMP yang saat ini dilaksanakan; (3) deskripsi dan analisis temuan (model); (4) perumusan desain model (tentatif) melalui lokakarya partisipatifkolaboratif; dan (5) penyusunan panduan model PKn di SMP berbasis kearifan lokal sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila untuk penguatan karakter dan jati diri bangsa. Kemudian pada tahap ke-2, ujicoba dan validasi model menggunakan pendekatan kuantitatif. Alur kegiatan pada penelitian tahap ke-2 sebagai berikut: (1) memberikan sosialisasi dan orientasi tentang panduan model pada kelompok uji terbatas; (2) mengimplementasikan panduan model dalam lingkup terbatas, yaitu salah satu SMP di kota Surakarta; (3) mengimplementasikan panduan model dalam lingkup lebih luas, yaitu di dua SMPN level A dan SMPN Level B di kota Surakarta; (4) menguji efektivitas model melalui pembandingan efek keberhasilan penerapan model terhadap kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol; (5) merumuskan hasil (kesimpulan) uji model; (6) mensosialisasikan model pada seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Surakarta Hasil keseluruhan penelitian ini adalah Model Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal sebagai Strategi Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa, Buku Panduan Implementasi Model, dan Jurnal Nasional.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5623
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV