dc.contributor.author | Slamet, Sri | |
dc.date.accessioned | 2015-04-14T06:41:22Z | |
dc.date.available | 2015-04-14T06:41:22Z | |
dc.date.issued | 2014-03 | |
dc.identifier.citation | Asril, Zaenal. 2011. Micro Teaching. Jakarta: Radja Grafindo Persada Ellis: 1986. The Origin of Interlanguage. Gilarso, T; Suseno, H TW. 1986. Program Pengalaman Lapangan 1. Yogyakarta: Andi Offset http://bokcenter.harvard.edu. What is Microteaching? Diakses tgl 28 Februari 2014. http://en.wikipedia.org/wiki/Microteaching. Microteaching. Diakses tgl 28 Februari 2014. http://www.scribd.com/doc/102635753/Micro-Teaching. Micro Teaching. Diakses tgl 28 Februari 2014. Pedoman Praktek Pembelajaran Microteaching PG-PAUD UMS. 2012 (Buku Pegangan) Slamet, Sri. 2013. Pedoman Praktikum Micro Teaching in English. (Draft belum dipublikasikan) SK Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI No. 02/D/T/2008. 2008 Sundari, dkk. 1989. Micro Teaching. Surakarta: FKIP-UMS Suryabrata, Sumadi. 1992. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. | in_ID |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5641 | |
dc.description.abstract | Maksud diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah
pembelajaran micro teaching dan memperoleh gambaran secara keseluruhan tentang bentuk
kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pengajaran micro teaching berbahasa Inggris.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan
data dengan observasi, dokumentasi dan interview. Populasi penelitian adalah para mahasiswa
semester VI jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Teknik sampling yang digunakan adalah bersifat eksploratif. Dalam teknik ini ada 5 kelas. Pada
tiap-tiap kelas didata kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa. Analisis data yang
digunakan adalah dengan analisis kesalahan yang menggunakan tahapan identifikasi,
penjelasan, klasifikasi, dan evaluasi kesalahan. Dalam model pengajaran, ada 34 mahasiswa dari
44 mahasiswa, yang sudah menggunakan tahapan mengajar sesuai dengan urut-urutan
mengajar secara baku. Urut-urutan tersebut adalah Kegiatan awal disertai apersepsi, Kegiatan
inti, dan Kegiatan akhir/evaluasi. Namun demikian masih ada 10 mahasiswa yang belum
menggunakan urutan tersebut. Kesepuluh mahasiswa tersebut dalam penyampaian materi ada
yang tidak melaksanakan apersepsi awal tetapi sudah melaksanakan kegiatan pemberian materi
dan evaluasi dalam penutupan; ada yang telah melaksanakan apersepsi awal disertai dengan
pemberian materi namun tidak ada evaluasi; ada juga yang hanya menyampaikan materi saja
tanpa apersepsi awal dan evaluasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | apersepsi | in_ID |
dc.subject | kegiatan inti | in_ID |
dc.subject | evaluasi | in_ID |
dc.title | Evaluasi Pengajaran Micro Teaching Berbahasa Inggris Pada Jurusan Non Bahasa Inggris UMS | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |