• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Bidang Studi Biologi Pasca Sertifikasi Berbasis CPD (Continuous Professional Development) di Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    SOFYIAN ANIF ABSTRACK.pdf (506.9Kb)
    SOFYIAN ANIF BAB DAPUS.pdf (161.8Kb)
    SOFYIAN ANIF BAB I.pdf (223.0Kb)
    SOFYIAN ANIF BAB II.pdf (331.5Kb)
    SOFYIAN ANIF BAB III.pdf (232.5Kb)
    SOFYIAN ANIF BAB IV.pdf (561.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    Anif, Sofyan
    Zainuddin, Almuntaqo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan PP No.74 tahun 2008 tentang Guru mengamanahkan kepada pemerintah untuk melakukan sertifikasi guru dalam jabatan. Namun, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Ditjen PMPTK tahun 2009, bahwa program sertifikasi belum dapat meningkatkan kompetensi secara signifikan dan belum berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru, sehingga perlu adanya pembinaan guru pasca sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan dan menganalisis model peningkatan kompetensi profesional guru Biologi pasca sertifikasi yang ada saat ini; (2) menghasilkan model peningkatan kompetensi profesional guru Biologi berbasis uji kompetensi awal; dan (3) mengetahui tingkat keefektifan pengembangan model peningkatan kompetensi profesional guru Biologi berbasis uji kompetensi awal di Karesidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development. Hasil penelitian pengembangan model peningkatan kompetensi profesional guru Biologi dilengkapi dengan lima aspek, yaitu didasarkan pada uji kompetensi awal (UKA), sifat kegiatan berkelanjutan (continuous professional development), penguatan aspek pengawasan oleh kepala sekolah, penguatan aspek evaluasi, dan pelibatan narasumber dari perguruan tinggi. Hasil implementasi model peningkatan kompetensi profesional guru Biologi pada uji skala terbatas, menunjukkan adanya peningkatan daya serap klasikal sebesar 44,44%. Persentase peningkatan daya serap terbesar terjadi pada kompetensi “memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori biologi serta penerapannya secara fleksibel” sebesar 38,89%, sedangkan persentase peningkatan daya serap terendah terjadi pada kompetensi “melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan” sebesar 13,27.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5647
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV