• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Materi Ajar Campur dan Alih Kode dalam Pembelajaran Sosiolinguistik Berbasis Komunikasi Promosi

    Thumbnail
    View/Open
    PROF NGALIM ABSTRACK.pdf (429.9Kb)
    PROF NGALIM BAB I.pdf (251.1Kb)
    PROF NGALIM BAB II.pdf (256.3Kb)
    PROF NGALIM BAB III.pdf (65.52Kb)
    PROF NGALIM BAB IV.pdf (127.5Kb)
    PROF NGALIM BAB VI.pdf (69.18Kb)
    PROF NGALIM BAB V.pdf (369.4Kb)
    PROF NGALIM DAFTAR PUSTAKA.pdf (159.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    Ngalim, Abdul
    Markhamah, Markhamah
    Prayitno, Harun Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini ditulis sebagai salah satu langkah merintis terwujudnya promolinguistik. Ada dua hal yang disajikan dalam artikel ini. 1. Mendeskripsikan implementasi pengembangan materi ajar alih kode dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis iklan, promosi penjualan, dan jual wiraniaga. 2. Mendeskripsikan fungsi implementasi pengembangan materi ajar alih kode dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis iklan, promosi penjualan, dan jual wiraniaga. Hasil penelitian ini: 1) Wujud implementasinya adalah mahasiswa membaca, memahami, menulis makalah, mendiskusikan, dan mengevaluasi implementasi pengembangan secara teoritik, alih kode adalah peralihan dua bahasa atau lebih, dua ragam bahasa atau lebih, dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis . Di samping itu, yang tidak dibahas adalah pergantian dua dialek atau lebih, dua tingkat tutur atau lebih, yang disebabkan oleh faktor tertentu. Faktor penyebab dimaksudkan: bilingual atau multilingual, penguasaan dua ragam bahasa atau lebih. Di samping itu, yang secara singkat disinggung dalam makalah ini, adalah pembelajaran bahasa daerah dan bahasa asing dengan pengantar bahasa Indonesia, perkembangan teknologi baru yang berbasis bahasa internasional seperti bahasa Inggris. 2) Wujud implementasi dalam tulisan ini hanya dibatasi pada sajian alih bahasa, alih ragam bahasa, dan alih tingkat tutur. Sebenarnya, pengembangan konsep alih kode tersebut, di samping berbasis promosi penjualan, yang tidak dibahas dalam tulisan ini, iklan, jual wiraniaga, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan strategi pelayanan. Hasil dari komunikasi promosi penjualan tampak memberi kontribusi terhadap upaya peningkatan daya jual produk barang maupun jasa. Wujud komunikasi promosi adalah terjadinya interaksi antara stimulasi dari para pengusaha pemasang promosi penjualan berbaur dengan iklan, dengan respons pihak calon pembeli atau calon pelanggan yang signifikan. Dalam hal ini dampak dari komunikasi promosi penjualan yang berbaur dengan iklan positif adalah, peningkatan daya jual produk barang maupun jasa pemasang promosi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5664
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV