Show simple item record

dc.contributor.authorNgalim, Abdul
dc.contributor.authorMarkhamah, Markhamah
dc.contributor.authorPrayitno, Harun Joko
dc.date.accessioned2015-04-16T02:44:16Z
dc.date.available2015-04-16T02:44:16Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.citationCrystal, David, 2001. An Encyclopedic Dictionary of Language and Languages. Second Edition. London: Penguin Books. Holmes, Janet, 2002. An Introduction to Sociolinguistics. Sixth impression. London and New York: Longman. Kotler, Philip,, Kertajaya, Hermawan, Huan Hooi Den, dan Liu Sandra, 2003. Rethinking Marketing Sustainable Marketing Enterprise di Asia. Dialihbahasakan oleh Marcus P. Widodo dari buku Rethingking Marketing Interpris in Asia. Cetakan I. Pearson Education, Asia, Jakarta: PT Prenhallindo. Majid, Abdul, 2008. “Perencanaan Pemelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Cetakan Kelima.Bandung: Remaja Rosdakarya. Markhamah, 2000. Etnik Cina, Kajian Sosiokultural. Cetakan Pertama. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Ngalim, Abdul dkk. 2010. Komunikasi Multiarah dalam Manajemen Pendidikan. Cetakan Pertama. Surakarta: Muhammadiyah University Press. _____________, 2011. Wacana Khas Komunikasi Promosi Perbankan dalam Kajian Sosiolinguistik. Nixon, Helen. 2007. Expanding the Semiotic Repertoire: Environmental Communication In The Primary School. Australian Journal of Language and Literacy, Vol. 30 No 2, 2007, p. 102. Prawiradilaga, Dewi Salma, 2008. Prinsip Disain Pembelajaran Instructional Design Principles. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Group. Rahardi, Kunjana, 2001. Sosiolinguisti, Kade dan Alih Kode. Cetakan Pertma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rakhmat, Jalaluddin, 2007. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Reid, Jo-Anne, 2007. Literacy and Environmental Communications: Towrds a Pedago- gy of Responsibility. Australian Journal of Language and Literacy, Vol. 30. No. 2. 2007. P, 118. Sukmadinata, Nana Syaodih, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya p.231. Ugot, Maercy, 2009. Language Choice, Code Switching and Code Mixing Biase Received. Global Journal, 7 August. 2009. Vol. 8, No. 2, p. 27. Wardhaugh, Ronald, 2002. An Introduction Sociolinguistics. Fourdh Edition. Oxford: Basil Blackwell. Veen, Rood Van De. 2006. Communicatinal and Creativity: Methodological Shifts in Adult Education. Int. J. of Lifelong Education, Vol. 5, No 3, May-June, 2006.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5664
dc.description.abstractArtikel ini ditulis sebagai salah satu langkah merintis terwujudnya promolinguistik. Ada dua hal yang disajikan dalam artikel ini. 1. Mendeskripsikan implementasi pengembangan materi ajar alih kode dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis iklan, promosi penjualan, dan jual wiraniaga. 2. Mendeskripsikan fungsi implementasi pengembangan materi ajar alih kode dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis iklan, promosi penjualan, dan jual wiraniaga. Hasil penelitian ini: 1) Wujud implementasinya adalah mahasiswa membaca, memahami, menulis makalah, mendiskusikan, dan mengevaluasi implementasi pengembangan secara teoritik, alih kode adalah peralihan dua bahasa atau lebih, dua ragam bahasa atau lebih, dalam pembelajaran sosiolinguistik berbasis . Di samping itu, yang tidak dibahas adalah pergantian dua dialek atau lebih, dua tingkat tutur atau lebih, yang disebabkan oleh faktor tertentu. Faktor penyebab dimaksudkan: bilingual atau multilingual, penguasaan dua ragam bahasa atau lebih. Di samping itu, yang secara singkat disinggung dalam makalah ini, adalah pembelajaran bahasa daerah dan bahasa asing dengan pengantar bahasa Indonesia, perkembangan teknologi baru yang berbasis bahasa internasional seperti bahasa Inggris. 2) Wujud implementasi dalam tulisan ini hanya dibatasi pada sajian alih bahasa, alih ragam bahasa, dan alih tingkat tutur. Sebenarnya, pengembangan konsep alih kode tersebut, di samping berbasis promosi penjualan, yang tidak dibahas dalam tulisan ini, iklan, jual wiraniaga, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan strategi pelayanan. Hasil dari komunikasi promosi penjualan tampak memberi kontribusi terhadap upaya peningkatan daya jual produk barang maupun jasa. Wujud komunikasi promosi adalah terjadinya interaksi antara stimulasi dari para pengusaha pemasang promosi penjualan berbaur dengan iklan, dengan respons pihak calon pembeli atau calon pelanggan yang signifikan. Dalam hal ini dampak dari komunikasi promosi penjualan yang berbaur dengan iklan positif adalah, peningkatan daya jual produk barang maupun jasa pemasang promosi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectjualwiraniagain_ID
dc.subjectpromosi penjualanin_ID
dc.subjectiklanin_ID
dc.subjectpembelajaran sosiolinguistikin_ID
dc.subjectalih kodein_ID
dc.subjectimplementasiin_ID
dc.titlePengembangan Materi Ajar Campur dan Alih Kode dalam Pembelajaran Sosiolinguistik Berbasis Komunikasi Promosiin_ID
dc.typeTechnical Reportin_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record