Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Kohonen Som dalam Pengelompokan Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar
Abstract
Menjaminan mutu pendidikanadalahsalah satu
upaya dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan sumber
daya manusia. Upaya-upaya yang dilakukan berbagai pihak termasuk
pemerintah belum juga memenuhi harapan, faktanya program-program
pendidikandi sekolah, mulai dari ketenagaan,honorer,tunjangan
pendidikan, hingga pengambilan kebijakan kepada lembaga secara
sepihak, tidak menyeluruh, dan hanya dipilih pada pihak tertentu, yang
tidak secara proporsional. Kemajuan dibidang pendidikan juga
demikian, ada lembaga pendidikan yang memperoleh bantuan secara
penuh dan terus-menerus, namun ada lembaga pendidikan yang tidak
pernah mendapatkan perhatikan. Fakta lain yaitu pendidikan gratis yang
belum maksimal, hal ini menyebabkan tingkat kesadaran dan partisipasi
masyarakat khususnya Maluku Utara dalam menyekolahkan
anakkurang. Aplikasi jaringan syaraf tiruan kohonen SOMdapat
mengelompokan berdasarkan kesamaan atribut yang dimiliki bersama.
Atribut yang dimiliki berupa acuan mutu pendidikan yang digunakan
untuk pencapaian atau pemenuhan mutu pendidikan pada satuan
pendidikan yang disebut dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Sistem mampu menghasilkan kelompok mutu pendidikan pada jenjang
sekolah dasar sesuai dengan kemiripan atribut, sehingga dapat diketahui
sekolah-sekolah mana yang memenuhi mutu pendidikan dan yang
belum memenuhi mutu pendidikan.