dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika melalui penggunaan multimedia pembelajaran dengan pendekatan instruksional Concrete Representational Abstaract (CRA), dan (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika melalui penggunaan multimedia pembelajaran dengan pendekatan instruksional Concrete Representational Abstract (CRA). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono yang berjumlah 38 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas XI Akuntansi 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis meningkat dari 18,4% menjadi 60,5%, (2) banyaknya siswa yang memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 7,9% menjadi 31,6%, dan (3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan meningkat dari 2,6% menjadi 52,6%. Untuk prestasi belajar, banyaknya siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 meningkat dari 34,2% menjadi 73,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan | en_US |