Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Browse by
Recent Submissions
-
ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR (Studi pada Mahasiswa Semestar IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Kesalahn-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear, (2). Penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita program linear, (3). ... -
EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Eksperimentasi di Kelas XI SMAN 3 Kabupaten Wonogiri)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa; (2) Untuk mengetahui apakah motivasi yang lebih tinggi lebih baik daripada ... -
EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Eksperimentasi di Kelas IX SMP se-Sub Rayon 04 Kabupaten Wonogiri)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran penemuan terbimbing, cooperative learning, dan konvensional yang dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik. (2) Untuk mengetahui ... -
PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA
(MUP, 2011-07) -
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarat yang mencerminkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter; mengidentifikasi perubahan sikap siswa dan hasil belajar ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUKUL PADA MATERI HIMPUNAN
(MUP, 2011-07)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik ... -
MATRIKS INVERS TERGENERALISIR
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengertian invers tergeneralisir dari suatu matriks, (2) untuk menentukan invers tergeneralisir dari suatu matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA BERDASARKAN HASIL UASBN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Banaran 02 Grogol, Sukoharjo Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar ... -
OPERASI DASAR BILANGAN BULAT WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER DAN MENCERDASKAN (TEMUAN DARI IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR)
(MUP, 2011-07)Matematika dengan sifatnya yang abstrak sering tidak dapat dipelajari dengan mudah oleh hampir semua peserta didik baik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi kecuali bagi mereka yang benar-benar ... -
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI CALON PENDIDIK KARAKTER BANGSA MELALUI PEMECAHAN MASALAH
(MUP, 2011-07)Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah pada mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga sebagai calon pendidik karakter bangsa. Subyek penelitian ini adalah ... -
Teorema-Teorema Kekonvergenan pada Integral Riemann, Lebesgue dan Henstock
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan membuktikan syarat-syarat cukup yang menjamin fungsi limit dari barisan fungsi terintegral ( Riemann atau Lebesgue atau Henstock) pada [a,b] juga terintegral pada [a,b], dan nilai ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN LEARNING CELL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode ... -
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah ... -
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN
(MUP, 2011-07)Noviana Dini Rahmawati, S850809313. Experimentation of Cooperative Learning Model using Teams Games Tournament (TGT) Type and Numbered Heads Together (NHT) on Linear Equations System in Two Variables Material be Viewed ... -
EFEKTIVITAS PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK PENILAIAN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS
(MUP, 2011-07)Indikasi keterlibatan mahasiswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai merebak, namun keterlibatan mahasiswa sampai pada kegiatan penilaian khususnya penilaian formatif dan sumatif belum banyak ... -
MODEL MATEMATIKA MASALAH ALIRAN MAKSIMUM KABUR DENGAN PROGRAM LINEAR KABUR
(MUP, 2011-07)Masalah aliran maksimum pada jaringan kabur dapat dituliskan kedalam model matematika program linear kabur. Pada makalah ini semua parameter kabur diasumsikan sebagai bilangan kabur segitiga. Program linear kabur tersebut ... -
PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENDEKATAN INSTRUKSIONAL CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA) (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Banyudono)
(2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika melalui penggunaan multimedia pembelajaran dengan pendekatan instruksional Concrete Representational Abstaract ... -
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN MICROSOFT POWERPOINT 2007 (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojolaban)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui metode collaborative learning dengan memanfaatkan microsoft powerpoint 2007. Penelitian ini merupakan ...