Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran "Berkat Anang" (Berkarakter, Aktif, dan Menyenangkan) di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa
Date
2014Author
Muhroji, Muhroji
Rahmawati, Fitri Puji
Utami, Ratnasari Diah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model penguatan pendidikan karakter di
lingkungan peserta didik Sekolah Dasar berbudaya Jawa. Tujuan khusus tahun II adalah untuk
merumuskan model pendidikan karakter yang aktif dan menyenangkan di lingkungan peserta
didik Sekolah Dasar berbudaya Jawa kemudian menguji cobakan model pendidikan karakter
yang aktif dan menyenangkan di lingkungan peserta didik Sekolah Dasar berbudaya
Jawa.Metode utama yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif-reflektifkualitatif.
Metode penelitian yang akan diterapkan di tahun II adalah pengumpulan datanya
dengan FGD yang melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan orang tua/wali siswa.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kritik reflektif. Pada tahun tersebut juga
dterapkan metode pengumpulan data dengan uji model. Data yang terkumpul dianalisis dengan
model heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kelebihan dan kelamahan pendidikan
karakter di sekolah dasar yang telah dilaksanakan yakni guru dan pihak sekolah telah berusaha
memberikan program-program penguatan karakter seperti: program ekstrakurikuler, bukubuku
monitoring, model pembelajaran aktif, kreatif, motivatif, dan menyenangkan, kegiatan
rutin keagamaan. Namun kegiatan ini memiliki kelemahan yakni kurangnya pengetahuan guru
untuk berinovasi. 2. Harapan stakeholder terhadap pendidikan karakter yang dikembangkan di
SD: a. Pendidikan karakter yang diterapkan dapat menguatkan siswa mempunyai keyakinan,
akhlak, dan akidah yang baik. b. Pendidikan karakter dapat mengoptimalisasikan pengajaran
dan bimbingan siswa, serta meningkatkan taraf kemampuan IPTEK, bahasa, olah raga, dan
budaya bangsa. c. Pendidikan karakter tidak hanya dibebankan ke sekolah, namun juga
lingkungan keluarga. d. Program televisi menayangkan program yang mendidik dan teladan bagi
anak. 3. Penerapan model “Berkat Anang” di sekolah ada 10 model, yaitu: a. Sharing
Pengalaman. b. Kocok Arisan. c. Sintesa Gambar d. Ikhtisar Wacana. e. Jodohku. f. Debat Seru
(Debur). g. Puzzle Gila. h. Gubah lagu. i. Surat Rahasia. j. Lelang Pertanyaan. 4. Kekuatan Model
“Berkat Anang” : a. Menumbuhkan karakter berani mengekspresikan diri. b. Menumbuhkan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. c. Belajar dengan tanpa beban sehingga siswa
merasa senang. d. Pembelajaran tidak monoton, lebih berkesan. e. Siswa lebih antusias dalam
pembelajaran. f. Siswa termotivasi dalam mencari dan menggali sendiri ilmu pengetahuan.