• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran "Berkat Anang" (Berkarakter, Aktif, dan Menyenangkan) di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa

    Thumbnail
    View/Open
    MUHROJI ABSTRACK.pdf (461.0Kb)
    MUHROJI BAB I.pdf (118.0Kb)
    MUHROJI BAB II.pdf (91.23Kb)
    MUHROJI BAB III.pdf (80.38Kb)
    MUHROJI BAB IV.pdf (90.87Kb)
    MUHROJI BAB V.pdf (178.6Kb)
    MUHROJI BAB VI.pdf (74.28Kb)
    MUHROJI DAFTAR PUSTAKA.pdf (72.70Kb)
    Date
    2014
    Author
    Muhroji, Muhroji
    Rahmawati, Fitri Puji
    Utami, Ratnasari Diah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model penguatan pendidikan karakter di lingkungan peserta didik Sekolah Dasar berbudaya Jawa. Tujuan khusus tahun II adalah untuk merumuskan model pendidikan karakter yang aktif dan menyenangkan di lingkungan peserta didik Sekolah Dasar berbudaya Jawa kemudian menguji cobakan model pendidikan karakter yang aktif dan menyenangkan di lingkungan peserta didik Sekolah Dasar berbudaya Jawa.Metode utama yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif-reflektifkualitatif. Metode penelitian yang akan diterapkan di tahun II adalah pengumpulan datanya dengan FGD yang melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan orang tua/wali siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kritik reflektif. Pada tahun tersebut juga dterapkan metode pengumpulan data dengan uji model. Data yang terkumpul dianalisis dengan model heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kelebihan dan kelamahan pendidikan karakter di sekolah dasar yang telah dilaksanakan yakni guru dan pihak sekolah telah berusaha memberikan program-program penguatan karakter seperti: program ekstrakurikuler, bukubuku monitoring, model pembelajaran aktif, kreatif, motivatif, dan menyenangkan, kegiatan rutin keagamaan. Namun kegiatan ini memiliki kelemahan yakni kurangnya pengetahuan guru untuk berinovasi. 2. Harapan stakeholder terhadap pendidikan karakter yang dikembangkan di SD: a. Pendidikan karakter yang diterapkan dapat menguatkan siswa mempunyai keyakinan, akhlak, dan akidah yang baik. b. Pendidikan karakter dapat mengoptimalisasikan pengajaran dan bimbingan siswa, serta meningkatkan taraf kemampuan IPTEK, bahasa, olah raga, dan budaya bangsa. c. Pendidikan karakter tidak hanya dibebankan ke sekolah, namun juga lingkungan keluarga. d. Program televisi menayangkan program yang mendidik dan teladan bagi anak. 3. Penerapan model “Berkat Anang” di sekolah ada 10 model, yaitu: a. Sharing Pengalaman. b. Kocok Arisan. c. Sintesa Gambar d. Ikhtisar Wacana. e. Jodohku. f. Debat Seru (Debur). g. Puzzle Gila. h. Gubah lagu. i. Surat Rahasia. j. Lelang Pertanyaan. 4. Kekuatan Model “Berkat Anang” : a. Menumbuhkan karakter berani mengekspresikan diri. b. Menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. c. Belajar dengan tanpa beban sehingga siswa merasa senang. d. Pembelajaran tidak monoton, lebih berkesan. e. Siswa lebih antusias dalam pembelajaran. f. Siswa termotivasi dalam mencari dan menggali sendiri ilmu pengetahuan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5714
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV