Model Pemberdayaan Komunitas Usaha Mikro dan Pra Sejahtera Produktif Melalui Program ‘Daya’
Abstract
Program DAYA bank BTPN diperkenalkan pada 19 Juli 2011 yang dijadikan
branding baru bank BTPN. Program ini memiliki 3 pilar yaitu DAYA sehat sejahtera, DAYA
tumbuh usaha dan DAYA tumbuh komunitas. Program ini perlu diukur efektifitasnya dalam
memberdayakan komunitasnya yaitu usaha mikro dan pra sejeahtera produktif. Karenanya
bank BTPN memerlukan mitra aliansi strategis untuk memperkuat program DAYA terutama
dalam menganalisis implementasi dari program tersebut dan perlunya perbaikan
berkelanjutan terhadap program DAYA. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas
implementasi program DAYA bank BTPN dalam memberdayakan komunitas usaha mikro
dan pra-sejahtera produktif. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah peningkatan
keberhasilan usaha dan sehat sejahtera bagi kelompok usaha mikro yang tergabung dalam
Mitra Usaha Rakyat
repayment rate, peningkatan nilai kredit dan skala usaha dari usaha mikro menuju kelompok
usaha Menengah)
survey, wawancara mendalam, pemberian pelatihan dan ketrampilan usaha, memfasilitasi
dalam mempromosikan hasil usahanya dan pengeloaan keuangan. Hasil analisis
menunjukkan bahwa program DAYA mampu meningkatkan kepuasan nasabah,,
meningkatkan omzet penjualan, repayment rate terjaga, peningkatan nilai kredit dan
peningkatan skala usaha. Hasil temuan ini digunakan sebagai acuan untuk memformulasikan
model pemberdayaan komunitas sebagai hasil perbaikan berkelanjutan dari program DAYA
bank BTPN. Diharapkan program DAYA dapat menjadi the best mass market bank pada
bank BTPN dan dijadikan acuan bank lain dalam pemberdayaan UMKM.