Show simple item record

dc.contributor.authorTaufik, Taufik
dc.contributor.authorPrihartanti, Nanik
dc.contributor.authorPratisti, Wiwin Dinar
dc.date.accessioned2015-04-16T08:48:50Z
dc.date.available2015-04-16T08:48:50Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.citationCohousing. Journal of Urban Design, vol 10. No 2, 195-227 June. Cordell, K., & Wolff, S. ( dominance generate prejudice? Integrating individual and contextual determinants of intergroup cognitions. Journal of Personality and Social Psychology, Vol 4, 697-721. Pettigrew, T.F., & Tropp, L.R. Pettigrew, T.F., & Tropp, L.R. Sidanius, J., & Pratto, F. Sidanius, Jim; Pratto, Felicia Soekanto, S. elementary schools. Anima, 119-126. Taufik community. Anima, 24-33. Taufik, Prihartanti, N., & Purwandari, E. Berempati Melalui Permainan Tradisional Jawa Tengah. Laporan Penelitian. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Taufik. Vescio, T.K., Sechrist, G.B., & Paolucci, M.P. Williams, Jin_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5721
dc.description.abstractInteraksi sosial antar siswa pada sekolah multi etnis menjadi tolak ukur bagaimana efektivitas pendidikan perdamaian. Meskipun siswa-siswa diajarkan budi pekerti, kebersamaan, pentingnya kerja sama, dan sebagainya namun pada prakteknya hubungan sosial antar siswa masih tergolong tajam. Beberapa fakta menunjukkan bahwa hubungan antar siswa di sekolah-sekolah multi etnis cukup kompleks. Terdapat klik-klik siswa yang didasarkan pada persamaan etnis, etnis Jawa lebih tertarik untuk berkelompok dengan etnis Jawa dan etnis Tionghoa lebih nyaman berinteraksi dengan etnis Tionghoa, sehingga secara sosial tampak adanya segregasi hubungan. Hubungan antar siswa di sekolah multi etnis dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain identifikasi, empati, imitasi, sugesti, dan motivasi, faktor-faktor fisik antara lain faktor kedekatan jarak, dan kemudahan akses, faktor-faktor sosial informal seperti model hubungan sosial yang dinamis, model hubungan antar pribadi, model hubungan antar kelompok, model hubungan antar pribadi dan kelompok yang berlaku di daerah tersebut, faktor-faktor disain sosial formal yaitu cara-cara yang memang didesain untuk berhubungan sosial seperti di lingkungan istana, lingkungan tempat bekerja, lingkungan di sekolah, pada acara-acara formal, dan faktor-faktor personal yaitu adanya dorongan-dorongan internal dari individu yang senang bersosialisasi Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan perdamaian pada sekolah multi etnis di kota Surakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai interaksi sosial siswa pada sekolah-sekolah multi etnis di Surakarta, dan melihat peranan orientasi dominansi sosial dan peran guru terhadap interaksi sosial siswa di sekolah multi etnis. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini antara lain: Menambah khazanah pengetahuan mengenai keberagaman masyarakat Surakarta pada khususnya, terutama terkait pada masalah kerukunan antar etnis dalam masyarakat multi etnis; Sebagai salah satu kerangka dasar atau sebagai masukan bagi para pengambil kebijakan, untuk dapat merumuskan kebijaksanaan baru mengenai hubungan antara etnis Tionghoa-Jawa di Surakarta pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Subjek penelitian yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Umum Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua variable bebas yaitu orientasi dominansi sosial dan peran guru, ternyata orientasi dominansi sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan interaksi sosial dibandingkan dengan variable peran guru. Berdasarkan hasil analisis data membuktikan bahwa orientasi dominansi sosial berhubungan secara negatif dengan interaksi sosial, artinya semakin tinggi skor orientasi dominansi sosial maka interaksi sosial individu akan semakin rendah, begitu pula sebaliknya semakin rendah orientasi dominansi sosial maka akan semakin tinggi interaksi sosial.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.titleModel Pendidikan Perdamaian Pada Sekolah Multi Etnisin_ID
dc.typeTechnical Reportin_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record