Analisa Struktur Tikungan Jalan Raya Berbentuk Spiral-Spiral dengan Pendekatan Geometri
Abstract
Saat kendaraan memasuki tikungan, berangsur-angsur mendapatkan
gaya centrifugal mulai dari nol hingga maksimum dan selanjutnya kembali ke nol pada
saat jalan lurus kembali. Salah satu bentuk tikungan agar gaya centrifugal tersebut
dapat berkurang yaitu bentuk tikungan Spiral-Spiraldimana sudut deflasinya relatif
besar dan secara geometristerdiri dari dua lengkung peralihan yang cocok untuk
tikungan tajam.Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan tikungan jalan raya
berbentuk Spiral-Spiral serta bagaimana penurunan formulasinya dengan batasan
hanya menganalisastruktur pada tikungan jalan raya di bidang datar. Penulis
menggunakan pendekatan studi literatur dalam menganalisa permasalahan yang
diungkapkan. Berdasarkan dari pembahasannya dalam memodelkan dan pemilihan tipe
tikungan jalan raya, apabila tikungan jalan raya telah didesain dan didapatkan L
(panjang lengkung circle) kurang dari 25 meter sebaiknya digunakan tikungan tipe
Spiral-Spiral. Dari sketsa tikungan tipe Spiral-Spiral disederhanakan lagisehingga
didapat satu bagian Spiral saja.Bagian Spiral tersebut dianalisa dengan pendekatan
geometri sehingga didapat 6 (enam) formuladigunakandalam perhitungan dan desain
tikungan Spiral-Spiral.