Analisa Struktur Tikungan Jalan Raya Berbentuk Spiral-Spiral dengan Pendekatan Geometri
dc.contributor.author | Sutomo, Edi | |
dc.date.accessioned | 2015-04-18T06:13:11Z | |
dc.date.available | 2015-04-18T06:13:11Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Alamsyah, A.A. 2001. Rekayasa Jalan raya. Malang: UMM Press [2] Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Buku Tata cara Perencanaan Geometrik jalan Antar KotaNo. 038/TBM/1997. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga. [3] Hendarsin, Shirley L. 2000. Perencanaan Teknik jalan raya. Bandung: Poltek Negeri Bandung Press [4] Meyer, Carl F. 1980. Survai dan Perencanaan Lintas Jalur – Terjemahan, Route Surveying and Design. Jakarta: Erlangga [5] Mannering, Fred L., dan Walter P. Kilareski. 1990. Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis, John Wiley & Sons. [6] Saodang, Hamirhan. 2004. Konstruksi jalan Raya (Geometrik Jalan). Bandung: Nova [7] Shahani, PB. 1975. Road Techniques (InMetric System). Nai Sarak Delhi: Khanna Publishers [8] Sukirman, S. 1999. Dasar – Dasar Pencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5724 | |
dc.description.abstract | Saat kendaraan memasuki tikungan, berangsur-angsur mendapatkan gaya centrifugal mulai dari nol hingga maksimum dan selanjutnya kembali ke nol pada saat jalan lurus kembali. Salah satu bentuk tikungan agar gaya centrifugal tersebut dapat berkurang yaitu bentuk tikungan Spiral-Spiraldimana sudut deflasinya relatif besar dan secara geometristerdiri dari dua lengkung peralihan yang cocok untuk tikungan tajam.Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan tikungan jalan raya berbentuk Spiral-Spiral serta bagaimana penurunan formulasinya dengan batasan hanya menganalisastruktur pada tikungan jalan raya di bidang datar. Penulis menggunakan pendekatan studi literatur dalam menganalisa permasalahan yang diungkapkan. Berdasarkan dari pembahasannya dalam memodelkan dan pemilihan tipe tikungan jalan raya, apabila tikungan jalan raya telah didesain dan didapatkan L (panjang lengkung circle) kurang dari 25 meter sebaiknya digunakan tikungan tipe Spiral-Spiral. Dari sketsa tikungan tipe Spiral-Spiral disederhanakan lagisehingga didapat satu bagian Spiral saja.Bagian Spiral tersebut dianalisa dengan pendekatan geometri sehingga didapat 6 (enam) formuladigunakandalam perhitungan dan desain tikungan Spiral-Spiral. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Tikungan | in_ID |
dc.subject | Spiral-Spiral | in_ID |
dc.subject | Geometri | in_ID |
dc.title | Analisa Struktur Tikungan Jalan Raya Berbentuk Spiral-Spiral dengan Pendekatan Geometri | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Isu-isu Global