Penerapan Lesson Study pada Program Study Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pasuruan
Abstract
Perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) membawa pengaruh dalam
segala aspek, termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga pendidikan
di Indonesia perlu ditingkatkan, salah satu cara yang bisa dilakukan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan
meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas
pembelajaran dilakukan dengan berkolaborasi secara bersama-sama
untuk merancang pembelajaran yang baik. Hal ini dapat dilakukan
dengan melakukan kegiatan Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah
1) untuk mendiskripsikan penerapan Lesson Study di program studi
pendidikan matematika STKIP PGRI Pasuruan pada matakuliah
Kalkulus 2 tahun pelajaran 2013/2014, 2) Mendiskripsikan manfaat
Lesson Study dalam pembelajaran kalkulus 2 tahun pelajaran
2013/2014.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
secara diskriptif kualitatif dengan menerapkan model sagor’s. Dimana
pelaksanaan pembelajarannya sebanyak empat kali.Berdasarkan
kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapantahapan
pada Lesson Study yaitu plan,do,see. Manfaat dari Lesson
Study adalah dosen dapat recharging pengetahuan serta dapat mengkaji
dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi mahasiswa sehingga
memungkinkan dosen untuk memikirkan tujuan jangka panjang yang
akan dicapai oleh mahasiswa.